4 Cara Jitu Mengembangkan Usaha Kecil Jadi Besar di Tengah Persaingan

Jangankan mengembangkan, merintis dan mempertahankan usaha kecil saja sebenarnya bukanlah perkara yang mudah. Terutama bagi orang-orang yang memang tidak memiliki tekad dan kemauan yang keras. Selain itu, kompetisi yang semakin kuat juga terkadang membuat usaha yang telah susah payah dirintis, tumbang begitu saja. Namun, tanpa ada persaingan, maka berarti tak ada tantangan. Justru yang berhasil bertahan dan berkembang akan keluar jadi pemenang dan menghargai perjuangan. Bisa mengembangkan usaha jadi besar merupakan impian bagi setiap pengusaha. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini:

  • Kenali kompetitor terlebih dahulu.

Langkah pertama sebelum Anda menyusun strategi untuk mengembangkan usaha Anda, kenali terlebih dahulu kompetitor Anda. Jika tidak dapat menganalisa persaingan maka ide, inovasi serta kreativitas Anda juga tidak akan terpacu, upaya untuk meningkatkan kualitas juga hanya akan berlalu begitu saja. Ketiga hal tersebut merupakan modal utama untuk menyusun strategi pengembangan bisnis atau usaha Anda. Anda harus bisa berbuat lebih daripada pesaing Anda sehingga setidaknya, Anda bisa tetap survive.

  • Tingkatkan promosi dan strategi marketing.

Dengan lebih menggencarkan promosi secara signifikan juga dapat meningkatkan penjualan usaha kecil Anda jadi lebih besar daripada yang sudah diraih sebelumnya. Anda bisa mencoba menggunakan strategi promosi voucher diskon atau potongan harga yang disematkan pada selebaran, bisa juga dengan mempromosikannya di media sosial. Seperti yang kita tahu, saat ini pengguna media sosial di Indonesia sendiri sudah mencapai jutaan dan akan terus berkembang sehingga bisa jadi lahan yang potensial untuk meningkatkan promosi. Strategi marketing yang baik juga akan membantu Anda membidik pasar secara lebih luas.

Baca Juga: Usaha Kecil yang dapat Dijalankan di Pedesaan

  • Tingkatkan keterampilan SDM.

SDM yang ada di suatu perusahaan baik dari divisi yang teratas sampai divisi yang paling bawah harus selalu mendapatkan pembinaan agar keterampilan dan kecakapan mereka semakin terasah. Selain itu, pembinaan ini juga berfungsi agar pimpinan dan karyawan bisa saling bahu membahu dan bekerja sama untuk mewujudkan kemajuan perusahaan bersama-sama. Semakin produktif karyawan maka akan berpengaruh juga pada hasil yang diterima perusahaan serta pelayanan terhadap konsumen.

  • Perluas jaringan dan selalu mendengarkan keluhan pelanggan.

Memperluas jaringan atau networking dapat dilakukan dengan cara menambah cabang usaha kecil Anda agar pemasaran juga bisa semakin meluas. Tak hanya itu saja, memperluas jaringan juga bisa Anda lakukan dengan cara mengikuti perkumpulan atau asosiasi pengusaha di wilayah Anda. Jangan lupa juga, konsumen dan pembeli adalah raja. Selalu dengarkan setiap keluhan pelanggan agar Anda bisa mengoreksi kekurangan pada usaha Anda dan menjadikannya lecutan untuk menjadi semakin lebih baik dari hari ke hari.

 

Be the first to comment on "4 Cara Jitu Mengembangkan Usaha Kecil Jadi Besar di Tengah Persaingan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*