5 Cara Sukses Jalankan Bisnis Terkini Sesuai dengan Musimnya

Sebagian besar diantara masyarakat senang menjajal bisnis terkini atau yang tengah menjadi trend. Apalagi untuk beberapa bidang tertentu, dimana konsumen pastinya hanya akan membeli barang sesuai dengan trendnya. Usaha berbasis dengan trend ini sangat dipengaruhi oleh waktu memang. Terkadang Anda akan mengalami pasang dalam 3 bukan, namun setelahnya akan benar-benar surut atau sepi dari pembeli. Sehingga tak jarang jika kebanyakan diantara mereka yang mengikuti bisnis berdasarkan trend memang anak muda.

Kurang cocok bagi para pelaku usaha kelas menengah besar dalam mengelolanya, karena perhitungan mereka adalah jangka panjang. Menjalankan sebuah bisnis alurnya memang seperti laut, yaitu ada kalanya pasang namun juga bisa jadi surut. Sehingga kemudian beberapa orang cenderung lebih tertarik untuk mencoba sebuah bisnis berbasis musim, apa yang tengah dibutuhkan oleh masyarakat kala itu maka itulah yang akan dijualnya.

Bagi Anda yang ingin terjun menjalankan bisnis terkini, maka ada beberapa hal yang benar-benar haru dipahami, diantaranya adalah:

  1. Prediksi waktu kapan trend tersebut akan susut di pasaran. Hanya mengira-ngira saja berapa waktu yang biasanya dibutuhkan untuk meredupkan bidang usaha tersebut, karena trend selalu berubah-ubah mengikuti pasarnya. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi kerugian, maka Anda bisa berinovasi guna tawarkan sesuatu yang baru kepada konsumen nantinya.
  2. Bagi yang menjalankan usaha secara reseller, maka jangan stock barang terlalu banyak. kesalahan lain yang agaknya wajib dihindari oleh para pelaku usaha ini adalah dengan menyetok barang dalam jumlah kecil saja, karena bisa jadi trend tiba-tiba berubah, maka barang yang sudah terlanjur Anda beli tersebut tidak akan laku lagi dijual di pasaran bukan.
  3. Jangan sungkan untuk memilih sistem dropshipper, ini adalah sebuah sistem dimana Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk menjalankan sebuah bisnis tersebut, hanya dengan mencari seorang supplier terpercaya saja, pilih yang berikan harga murah, dengan demikian tidak sulit untuk mendapatkan keuntungan. Sistem penjualan berbasis dropshipper memang anti rugi, namun kelemahannya mencarikan pengganti saat stock yang diinginkan tidak ada pada supplier.
  4. Bermain lebih luas, artinya jangan hanya menjual barang secara langsung saja, melainkan juga coba untuk tarik lebih banyak konsumen secara online, bukan hanya lewat satu media penjualan saja, melainkan juga media-media yang lainnya, apa yang tengah menjadi trend biasanya jadi yang paling digandrungi, sehingga pada kala itu juga penjualan bisa meningkat dengan sangat tajam. Meskipun tidak bertahan lama, namun keuntungan bisa diraup setinggi-tingginya bukan.

Bagaimana sudah memikirkan bisnis terkini yang akan digeluti. Maka sesuaikan juga dengan modal yang Anda miliki. Semakin tinggi harga produknya maka akan semakin besar juga yang harus dikeluarkan.

 

 

Be the first to comment on "5 Cara Sukses Jalankan Bisnis Terkini Sesuai dengan Musimnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*