Bagaimana Memulai Bisnis Terpercaya di Internet

Di era digital, kehidupan masyarakat perlahan-lahan mulai berubah. Dalam mencari informasi, misalnya, kini masyarakat cenderung lebih suka mencari informasi atau berita terbaru melalui internet dibandingkan dengan membaca surat kabar seperti koran atau majalah. Keberadaan internet juga menyebabkan perubahan kebiasaan masyarakat dalam hal berbelanja. Saat ini, kegiatan jual beli online seakan sudah menjadi trend dan bahkan berkembang menjadi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia, khususnya para pengguna internet. Tingginya angka transaksi di toko online yang berbasis sambungan internet membuat banyak pebisnis atau pedagang yang mulai beralih dengan membuka toko online. Karena semakin banyak pebisnis yang membuka toko online, maka persaingan di bidang bisnis ini semakin ketat. Setiap penjual online harus melakukan inovasi dan berbagai terobosan untuk menarik minat calon pembeli berbelanja di toko onlinenya. Salah satu hal yang harus diutamakan ketika berbisnis online adalah kepercayaan. Berikut ini adalah ulasan mengenai bagaimana cara memulai bisnis terpercaya di internet.

Mencantumkan Identitas yang Jelas

Pedagang online harus mencantumkan identitasnya dengan jelas dalam memulai bisnis terpercaya di internet. Nama lengkap, alamat lengkap, dan nomor handphone dan nomor kontak lain yang bisa dihubungi oleh calon pembeli harus dicantumkan, dan harus bisa terbaca dengan mudah, diletakkan di tempat atau sudut yang mudah dilihat di situs online tempat jualan. Beberapa pedagang online bahkan juga mencantumkan NPWP dan izin usaha (terutama untuk bisnis skala besar) untuk meyakinkan kepada calon relasi atau calon konsumen bahwa bisnis online yang dijalankannya adalah bisnis yang dapat dipercaya, bukan bisnis abal-abal.

Pelayanan yang Ramah dan Responsif

Selain mencantumkan identitas yang jelas, pelayanan juga merupakan salah satu hal yang harus diutamakan. Jika ada pertanyaan yang dilontarkan oleh calon pembeli, jawablah dengan ramah, tanggapilah pertanyaan atau komplain pembeli dengan baik, jangan pernah abaikan pertanyaan dari calon pembeli.

Baca Juga: Tips Mengenal Toko Online Terpercaya Untuk Belanja Online yang Aman

Pelayanan yang ramah juga menyangkut bagaimana pihak penjual memberikan informasi pada pembeli, terkait barang-barang yang dijualnya, menjabarkan spesifikasi dan kondisi barang dengan lengkap, dan ketika barang pesanan sudah dikirim melalui pos atau kurir, kabarkan pada pihak pembeli bahwa barangnya sudah dikirimkan, sertakan juga nomor res pengiriman agar kiriman tersebut dapat dilacak keberadaannya oleh pihak pembeli. Jangan pernah membiarkan pembeli kebingungan dan menunggu dalam ketidakpastian. Antara penjual dan pembeli harus terjalin komunikasi yang baik demi kepuasan konsumen.

Melayani Sesuai Urutan

Ketika berbisnis online, Anda harus profesional, dalam artian harus melayani pembeli dengan baik, dan harus mengutamakan pembeli yang memesan lebih awal. Seringkali pebisnis online cenderung melayani pembeli yang pesanannya mudah, atau alamatnya lebih dekat, alih-alih melayani sesuai dengan urutan. Padahal, pembeli tentu sudah tidak sabar menunggu pesanannya datang. Agar bisa membangun bisnis terpercaya, layanilah pembeli yang memesan terlebih dahulu, agar pesanannya tidak terlewat.

 

Be the first to comment on "Bagaimana Memulai Bisnis Terpercaya di Internet"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*