Beberapa Sektor Industri Kreatif yang dalam Bidang Seni

Industri kreatif merupakan sebuah industri yang menawarkan ide segar. Dimana ide tersebut bukan hanya menjadi awam-awam tetapi bisa untuk dieksekusi dan menghasilkan penghasilan. Industri ini semakin hari semakin banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia yang berani mencoba untuk keluar dari jalur aman dan dapat untuk mengambil jalan yang lebih pas dengan nalurinya. Salah satunya adalah dalam bidang seni yang merupakan sektor pekerjaan yang bukan hanya sebagai hobi tetapi sekarang ini bisa menjadi hobi yang menguntungkan. Ada beberapa sektor industri seni yang dapat dipilih oleh masyarakat yang memang mempunyai jiwa dan darah seni seperti:

  • Seni lukis

Bagi masyarakat mungkin tidak akan menyangka bahwa seni lukis bisa menjadi hal yang sangat menguntungkan dan industri yang menghasilkan banyak uang. Corat-coret gambar di kanvas nyatanya bisa menjadi salah satu industri yang bisa dipilih oleh masyarakat yang mempunyai menggambar apapun itu alirannya karena setiap aliran mempunyai penggemar sendiri baik abstrak, realis, ekspresionis, impresionis, kubisme, dan juga surealis. Setiap aliran tersebut bisa mendapatkan tempat di pasar masing-masing apabila mempunyai keunikan sendiri dan bisa untuk mendapatkan harga yang mahal untuk setiap lukisan yang ada.

  • Industri film

Untuk sektor industri kreatif selanjutnya yang bisa untuk dipilih dan menghasilkan banyak uang adalah film. Hollywood mengantongi banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari berbagai film yang dihasilkannya dan bukan hanya di putar di dalam negeri tetapi juga selalu laris di luar negeri. Begitu juga dengan film Korea Selatan yang sekarang banyak diminati semenjak Hallyu Wave sehingga budaya dan juga sektor film dan drama sangat populer di luar negeri. Untuk di Indonesia sendiri ada banyak film bagus yang diproduksi dan menunjukkan trend positif dengan banyak masyarakat yang mau datang untuk datang dan menonton ke bioskop menonton film dari Indonesia untuk dapat mendukung industri perfilman di Indonesia.

  • Buku

Untuk jenis industri yang termasuk dalam sektor yang kreatif adalah dalam bidang buku. Dimana bukan hanya melibatkan pengarang buku saja, tetapi editor, penerbit, pencetak, toko buku, dan lainnya mendapatkan di sektor ini. Sama halnya dengan film yang mencakup penulis naskah, sutradara, pemain, wardrobe, dan berbagai hal lainnya dalam film tersebut.

  • Seni Pertunjukan

Merupakan sektor industri kreatif selanjutnya yang menampilkan banyak hal. Ada pertunjukan di panggung, di televisi, drama, teater, seni daerah seperti ketoprak, tarian-tarian, dan masih banyak hal lainnya. Penyanyi, pencipta lagu, dan label rekaman juga termasuk dalam seni ini sehingga semuanya turut mendorong untuk berkembangnya seni dalam bidang ini sehingga bukan hanya mampu untuk dapat menopang seni pertunjukan sendiri tetapi juga seni kreatif pada umumnya.

 

Be the first to comment on "Beberapa Sektor Industri Kreatif yang dalam Bidang Seni"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*