Bisnis Kreatif Dengan Memanfaatkan Blog

Saat ini mendapatkan uang dari internet bukan lagi mitos, karena hal tersebut benar-benar terbukti. Salah satu bisnis kreatif di internet yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan dolar adalah dengan memanfaatkan blog.

Namun perlu diketahui untuk mendapatkan uang dari blog tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena banyak tahapan yang harus dikerjakan agar bisnis kreatif ini dapat berjalan sesuai harapan. Berikut ini adalah tahapannya:

Memilih niche yang tepat

Nice adalah tema atau topic yang akan diusung oleh blog. Misalnya ada blog yang isinya fokus tentang kesehatan, maka nicenya adalah kesehatan. Selain itu ada juga blog gado-gado yaitu blog yang isinya tentang banyak tema, misalnya ada tentang kesehatan, pendidikan, otomotif dsb.

Membuat blog

Syarat kedua untuk medapatkan uang di blog adalah memiliki blog. Hal tersebut merupakan persyaratan multak. Ada banyak artikel yang menjelaskan cara membuat blog yang bisa Anda dapatkan di internet.

Mengatur template yang menarik

Sekarang sudah banyak template default yang memiliki tampilan yang menarik dan keren. Namun sayangnya hal tersebut tidak cukup, Anda harus mengubah template agar lebih SEO friendly. Beberapa poin yang harus Anda rubah antara lain:

  • Title tag menjadi nama blog atau judul blog
  • Heading tag dirubah menjadi dynamic tag
  • Merubah meta description dan meta tag

Baca Juga: Peluang Usaha Kreatif Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Menyiapkan artikel yang bermanfaat

Salah satu poin penilaian para pengiklan selain melihat traffic juga melihat kualitas artikel yang dibuat. Jadi jika ingin menghasilkan uang dari blog, buat artikel yang bermanfaat dan berkualitas sebanyak-banyaknya. Jangan lupa tautkan satu buah artikel ke artikel lainnya agar pageview meningkat dan menurunkan bounce rate.

Memberi backlink

Tahap berikutnya adalah memberikan backlink. Cara ini ampuh untuk meningkatkan posisi artikel yang dibuat. Ada banyak cara untuk memberikan backlink salah satunya dengan social bookmart atau guest post. Jika Anda memiliki modal bisa gunakan privare blog network

Mempromosikan blog

TIdak cukup hanya menggunakan backlink, agar lebih maksimal Anda bisa mempromosikan blog ke media sosial milik Anda atau melalui forum online. Hal ini dapat menjaring pengiklan. Namun harus diketahui dan diperhatikan jika ingin mempromosikan blog tidak boleh sembarangan. Misalnya: jika media promosi yang digunakan adalah media sosial, pelajari dan pahami aturannya terlebih dulu. Jangan sampai karena terlalu ambisi akhirnya mengesampingkan aturan.

Memonetisasi blog

Tahapan ini adalah tahapan yang paling ditunggu, karena sudah bsai mendapatkan uang. Cara memontisasi blog ada banyak pilihan, Anda bisa memilih tiga cara yang sekarang sedang popular yaitu:

  • Menjadi advertising atau menerima pemasangan iklan di blog Anda
  • Membuka jasa review

Pay per click (PPC), bisnis kreatif ini tidak jauh berbeda dengan advertising. Bedanya penghasilan dari PPC tergantung pada jumlah iklan yang diklik.

Be the first to comment on "Bisnis Kreatif Dengan Memanfaatkan Blog"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*