Bisnis Kreatif di Bidang Penulisan

Akhir-akhir ini dunia industri semakin semarak dengan mulai menjamurnya industri kreatif di berbagai bidang. Kreatifitas dalam berbagai bidang yang semula hanya menjadi hobi kini dikembangkan ke dunia bisnis yang menghasilkan. Produk yang lahir dari bisnis atau industri kreatif ini pun mampu bersaing dengan bisnis-bisnis produk yang sudah ada sebelumnya. Semakin mudahnya proses pemasaran dengan semakin berkembangnya dunia teknologi membuat bisnis kreatif semakin dilirik banyak orang. Salah satu bidang industri kreatif yang cukup diminati akhir-akhir ini adalah bisnis kreatif di bidang penulisan. Apa saja peluang pekerjaan yang bisa Anda dapatkan di industri kreatif bidang penulisan? Artikel ini akan membahas peluang bisnis di bidang yang tidak hanya mengandalkan kecakapan merangkai kata tersebut.

Selama ini, banyak orang yang beranggapan bahwa industri kreatif di bidang penulisan hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang cakap menulis saja. Padahal, dunia penulisan memerlukan banyak orang yang memiliki kecakapan lain selain menulis. Untuk menjadi sebuah buku, diperlukan proses yang cukup panjang, dan proses tersebut membutuhkan orang-orang kreatif di bidangnya masing-masing, seperti misalnya perancang sampul, editor, penata letak buku, dll. Profesi-profesi tersebut memerlukan kreatifitas dan skil yang mumpuni, sehingga dapat dikategorikan sebagai profesi yang berkecimpung di bidang industri kreatif.

Perancang sampul, misalnya, diperlukan kreatifitas untuk mengolah gambar agar menjadi sampul yang menarik. Cover buku merupakan salah satu faktor penting bagus tidaknya sebuah buku. Menjadi perancang sampul bisa menjadi profesi yang menjanjikan dan dapat dijadikan lahan penghasilan.

Selain perancang sampul, editor juga merupakan profesi yang tidak kalah penting dalam industri perbukuan. Editor bertugas sebagai pemeriksa aksara dan penyelaras bahasa dari naskah yang ditulis oleh seorang penulis. Seorang editor harus jeli dan perfeksionis. Oleh sebab itu, tidak jarang honor editor lebih tinggi dibandingkan dengan honor penulis naskahnya sendiri. Editor pulalah yang menjadi pioner agar naskah seorang penulis menjadi layak baca.

Baca Juga: Jenis-jenis Bisnis Rumahan untuk Mahasiswa

Profesi lain yang tidak kalah penting dalam bisnis kreatif buku adalah layouter buku. Naskah yang bagus dengan cover yang bagus akan menjadi sia-sia jika buku tersebut tidak dilayout dengan baik. Layouter bertugas menata letak isi buku, agar buku menjadi enak dibaca, tidak membuat mata pembaca sakit karena ukuran huruf terlalu kecil atau pilihan hurufnya aneh. Diperlukan orang-orang kreatif agar tampilan isi buku bisa menarik.

Selain profesi-profesi yang telah disebutkan di atas, bisnis kreatif dalam dunia perbukuan juga memerlukan profesi lain yang mengandalkan kreatifitas, seperti ilustrator, pelukis, fotografer untuk isi buku, dll. Agar tampilan buku tidak monoton, diperlukan ilustrasi, gambar, dan bahkan lukisan untuk mempercantik isi buku. Hal tersebut menunjukkan bahwa dunia perbukuan merupakan salah satu bidang industri kreatif yang sangat menjanjikan dan dapat dijadikan sebagai profesi yang menghasilkan uang.

Be the first to comment on "Bisnis Kreatif di Bidang Penulisan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*