Bisnis Terkini, Peluang Usaha Urban Farming

Sangat di sayangnya, minat masyarakat untuk mencoba bertani sayur semakin lama menjadi semakin menurun, alasannya pun semakin banyak mulai dari lahan yang sempit, repot dan yang lainnya, kurangnya pengetahuan tentang kenikmatan bertani juga menjadi faktor berkurangnya petani di Indonesia. jika dibandingkan dengan bisnis lainnya, bertani sayuran begitu menguntungkan dengan target pasar yang tak akan pernah habis serta masa panen yang tepat, bertani juga bisa menjadi penghilang stress bekerja di kantor. Padahal, usaha pertanian organik dapat Anda lirik, karena permintaan pasar lokal mengenai kebutuhan sayur organik ini semakin tinggi, sehingga bisa dijadikan sebagai bisnis terkini yang menguntungkan.

Jika Anda tidak memiliki lahan luas, Anda bisa menggunakan sistem vertikal garden. Ada banyak konstruksi vertikal garden yang dijual. Biasanya dibuat dari bahan anti karat serta dilengkapi dengan sistem pengairan yang pas dan dilengkapi alas khusus agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. keuntungan menggunakan vertikal garden ini banyak, udara yang berada di sekitar rumah juga menjadi sejuk, Anda akan menghemat lahan, selain itu lingkungan juga menjadi lebih cantik. Tetapi tidak semua tanaman bisa dibudidayakan dengan menggunakan cara ini.

Jika tertarik menjalankan bisnis terkini vertikal garden ini, ada beberapa perawatan yang harus Anda perhatikan, seperti:

  1. Penyiraman. Perawatan vertikal garden memang lebih rumit karena memerlukan perhatian khusus. Di dawal proses, kegiatan ini justru yang paling menjemukan, beberapa teknik penyiraman yang dapat digunakan seperti sistem KABUT, hingga irigasi tetes,
  2. Membasmi hama. Vertikal garden memerlukan perawatan ekstra, pastikan lingkungan serta kelembapan di sekitar lokasi terjaga dengan baik.
  3. Pemangkasan. Sebelum masa panen tiba, pemangkasan perlu dilakukan untuk mengambil tanaman yang telah kering,
  4. Pemupukan. Pemupukan pertanian organik sedikit rumit, pemupukan dapat menggunakan pupuk hidroponik.

Baca Juga: Info Bisnis Terkini Berdasarkan Hobi

Budidaya yang kedua menggunakan sistem hidroponik. Bila ingin membuka usaha sayuran organik, tapi terkendala lahan, Anda bisa menggunakan sistem hidroponik. Hidroponik sebenarnya sudah lama ada namun belum terlalu booming. untuk menggantikan tanah, Anda memerlukan air yang diberi unsur yang diperlukan tanaman. Medianya juga tidak sulit. Botol bekas serta pipa besar dapat dijadikan sebagai media.

Pertanian hidroponik ini harus menggunakan PH kurang lebih 5.5 hingga 6.5. terdapat dua jenis media, ada media pembibitan serta media pembesaran. Media pembibitan menggunakan pasir halus, arang. Jika ingin lebih bagus, Anda bisa mempergunakan arang sekam serta serbuk gergaji. Untuk pembesaran, Anda bisa menggunakan pasir yang sedikit kasar, dan arang sekam. Dalam hal ini arang sekam jauh lebih disarankan karena steril serta jauh dari hama seperti kutu dan yang lainnya. sayangnya, arang sekam hanya dapat digunakan sebanyak dua kali. Berminat untuk menggeluti bisnis terkini yang menguntungkan ini?

 

Be the first to comment on "Bisnis Terkini, Peluang Usaha Urban Farming"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*