Bisnis UKM Bidang Kuliner yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Menjalani bisnis tak harus dalam skala besar, untuk memulai bisnis bisa juga dilakukan dalam skala kecil terlebih dahulu, seperti dengan menjalani bisnis UKM atau Usaha Kecil dan Menengah.

Bisnis UKM ini tak membutuhkan modal yang besar, karena skalanya memang kecil, namun apabila dikelola dengan baik, bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Salah satu bisnis Usaha Kecil dan Menengah yang menjanjikan adalah di bidang kuliner.

Bisnis di bidang kuliner memang tidak ada habisnya, selama manusia masih membutuhkan makan, maka bisnis kuliner akan tetap ada dan berjalan serta dibutuhkan oleh banyak orang. Bisnis kuliner ini terdiri dari beragam pilihan, ada yang dalam bentuk makanan ringan, minuman, makanan pokok, atau bakery. Semua kategori bisnis kuliner ini memiliki pangsa pasar yang jelas sehingga pemasarannya akan lebih mudah.

Untuk kategori cemilan rumahan saja, sekarang bisa mencapai omset belasan hingga puluhan juta per bulan, apalagi sekarang untuk memasarkan kuliner cemilan bisa dilakukan melalui sosial media seperti instagram, sehingga penyebarannya lebih luas dan lebih mudah dikenal.

Bisa juga berbisnis kuliner dengan cara franchise atau waralaba, dan ini juga menjadi jalan pemasaran yang menjanjikan. Ada banyak usaha franchise kuliner yang sukses di Indonesia seperti Kebab Baba Rafi, Tahu Jeletot Taisi, dan masih banyak lagi. Bayangkan jika usaha franchise yang dijalani telah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia atau minimal pula Jawa, tentunya omzetnya bukan lagi belasan atau puluhan juta, namun bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah.  

Para ibu rumah tangga pun kini bisa menjalani bisnis kuliner di rumah yang tentunya menjanjikan, bisnis oke namun tetap bisa menjalani peran sebagai istri dan ibu bagi anak-anak.

Keberadaan teknologi yang semakin canggih memang sangat membantu bagi pemasaran produk Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Di instagram saja ada beragam jenis bisnis kuliner yang dijual, tak hanya cemilan, namun juga ada cake, bakery, juga rendang kalengan yang bisa dijual hingga seluruh penjuru Indonesia, bahkan hingga ke dunia.

Selain bisnis kuliner lewat franchise dan sosial media, tentunya bisnis kuliner di tempat offline juga tak kalah menjanjikan, seperti warung makan atau warung angkringan. Pilih makanan yang memang belum ada di sekitar tempat yang ingin didirikan usaha, kalaupun sudah ada makanan tersebut yang dijual oleh pedagang lain, sebisa mungkin pilih menu dengan variasi yang unik dan beda sehingga orang pun akan tertarik.

Apabila menyewa tempat dirasa terlalu besar dalam skala modal, tak ada salahnya juga untuk bisnis kuliner dengan menerima pesanan catering untuk acara ulang tahun, selamatan, dan semacamnya.

Bisnis UKM bidang kuliner memang bisa menjadi pilihan, apalagi jika dilakukan secara serius, bukan tidak mungkin jika nantinya akan dapat mendulang keuntungan yang besar.

Be the first to comment on "Bisnis UKM Bidang Kuliner yang Menjanjikan Keuntungan Besar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*