Bisnis UKM Di Bidang Agrobisnis Yang Menguntungkan

Di Indonesia menjalankan bisnis UKM di bidang agrobisnis sebenarnya sangat menjanjikan. Dari bisnis ini akan dapat keuntungan yang besar dan rutin. Menjalankan bisnis ini diperlukan pengetahuan dan tekad yang kuat untuk sukses.

Bisnis agrobisnis adalah usaha dari tanam menanam. Jika dilakukan dalam skala yang tidak telalu kecil alias skala menengah keatas, hasilnya akan relatif besar. Namun jika Anda masih baru memulai bisnis UKM di bidang agrobisnis bisa memulainya dari skala kecil hingga menengah.

Berikut ini beberapa ide usaha di bidang agrobisnis yang mudah dijalankan dan memberikan keuntungan.

Usaha Sayur Mayur

Sayuran merupakan salah satu jenis bahan makanan yang masuk ke dalam daftar kebutuhan pokok. Jadi jenis usaha menanam sayuran sangat berpeluang dijadikan bisnis. Sebelum memulai bisnis, Anda bisa mencoba terlebih dulu menanam sayuran di halaman atau di kebun. Setelah berbuah Anda bisa menjualnya di warung di sekitar tempat tinggal Anda, setelah berlanjut mulai naikkan ke skala yang lebih besar.

Usaha Tanaman Herbal Untuk Obat Kesehatan

Jenis tanaman untuk bahan pembuat minuman atau obat herbal memiliki pangsa pasarnya sendiri. Jenis usaha ini cocok bagi Anda yang memiliki tujuan untuk mensuplai sebuah home industri atau pabrik yang berbasis minuman kesehatan atau obat-obatan herbal.

Dari dulu hingga sekarang minuman kesehatan yang terbuat dari bahan alami masih diminati oleh masyarakat. Beberapa contoh tanaman untuk herbal diantaranya adalah:

  1. Menanam jahe, bisa menggunakan teknik tanam menggunakan polybag atau karung.
  2. Budidaya tanaman lidah buaya, selain untuk obat-obatan lidah buaya juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan kulit rambut.
  3. Budidaya tanaman kesehatan, seperti: kunyit, temulawak dan rimpang.
  4. Budidaya tanaman daun sirih.

    Baca Juga: 5 Jenis Bisnis UKM Yang Berpeluang Besar Mendapatkan Pundi Pundi Rupiah

Masih banyak jenis tanaman herbal lainnya yang berpeluang dijadikan lahan bisnis UKM.

Membuat Cangkokan Tanaman Buah

Salah satu peluang bisnis dibidang argobisnis lainnya adalah membuat cangkokan tanaman buah. Cara menjalankannya bisa menggunakan teknik tanam tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Menjalankan bisnis ini sangat besar bahkan diprediksi akan ramai. Keuntungan menjalankan bisnis cangkok tanaman salah satunya adalah modalnya kecil.

Banyak orang yang tertarik untuk memetik buah yang ada di halaman merekea sendiri bahkan tidak sedikit masyarakat di perkotaan yang tertarik menjalankan bisnis ini.

Jualan Bunga Dan Tanaman Hias

Jika Anda hobi berkebun dan menata dekorasi dengan bunga yang indah dan segar bisa menjadi usaha yang berpotensi. Anda bisa mengembangkan hobi tersebut dengan berjualan bunga atau mensuplay kebutuhan tanaman di daerah Anda. Kelebihan menjalankan bisnis UKM ini diantaranya adalah modalnya kecil namun bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. Apalagi hampir semua orang memiliki halaman dan membutuhkan tanaman hias untuk mempercantik hunian.

Be the first to comment on "Bisnis UKM Di Bidang Agrobisnis Yang Menguntungkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*