Bisnis UKM Laudry, Jual Makanan Kecil Dan Kerajinan Tangan

Seiring waktu, semakin banyak tawaran bisnis UKM yang menjanjikan. Apalagi seiring bertambahnya kebutuhan manusia, membuka peluang untuk terjun dalam dunia bisnis yang menawarkan produk atau pelayanan jasa yang dibutuhkan oleh manusia modern seperti sekarang ini.

Produk yang ditawarkan tidak sebatas makanan saja, ada banyak produk yang memungkinkan untuk dijadikan peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan yang besar sesuai dengan situasi seperti sekarang ini. Penasaran apa saja jenis bisnis UKM selain makanan yang memiliki potensi sukses? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Bisnis Laundry

Salah satu usaha sampingan yang menjanjikan saat ini adalah pelayanan jasa laundry. Seperti kita ketahui peluang usaha bisa muncul dari apa yang dibutuhkan. Bisnis laundry muncul karena semakin banyak orang yang memiliki kesibukan yang padat setiap harinya, sehingga tidak sempat mencuci pakaian sendiri. Apalagi jika mereka kerja kantoran dengan rutinitas kerja dari pagi hingga sore hari. Tentu setelah pulang kerja badan lelah tidak bertenaga.

Selain itu, peluang bisnis laundry muncul karena semakin banyak mahasiswa atau pegawai yang kost, sehingga tidak memungkinkan mencuci sendiri. Belum lagi jika mereka tidak memiliki mesin cuci. Kalaupun ada, mereka harus menjemur dan menyetrika pakaian, tentu sangat merepotkan.

Nah, karena situasi tersebut bisnis laundry menjadi bisnis dengan prospek yang menjanjikan. Menjalankan bisnis ini lebih efektif jika dilakukan di tempat yang strategis, seperti di daerah perkantoran, kost-kostan. Jika Anda tertarik pertama-tama yang harus dilakukan adalah menyiapkan perangkat yang dibutuhkan, yaitu: mesin cuci, pengering, setrikaan dsb. Jika Anda tidak memiliki cukup modal, solusinya bisa bergabung dengan bisnis warlaba laundry.

Baca Juga: Bisnis UKM Bidang Kuliner yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Bisnis Kue Kering

Usaha sampingan berikutnya adalah jualan kue kering. Menjalankan usaha ini tidak memerlukan modal yang besar. Modalnya adalah kemampuan dan keahlian membuat kue dan peralatan yang dibutuhkan. Jika dibandingkan dengan bisnis makanan berat, jualan kue kering lebih murah modalnya.

Bisnis kuliner jualan kue kering saat ini menjadi pilihan bisnis banyak orang. Itu sebabnya persaingannya semakin ketat. Oleh sebab itu menjalankan bisnis ini tidak bisa asal-asalan, Anda harus memiliki strategi yang jitu. misalnya: kemasannya yang unik, mengutamakan cita rasa yang lezat dan memilih media pemasaran yang tepat.

Bisnis Kerajinan

Bisnis berikutnya adalah membuat kerajinan tangan. Jenis kerajinan tangan yang dipilih bisa disesuaikan dengan keahlian atau modal yang dimiliki. Contohnya jika modal Anda terbatas, bisa pilih jenis kerajinan yang menggunakan barang-barang bekas.

Selain itu, bisnis UKM di bidang kerajinan tangan berpeluang mendapatkan income dengan jumlah yang besar karena memiliki potensi menembus pangsa pasar hingga ke luar negeri. Nah, bagaimana apakah diantara ketiga jenis bisnis yang sudah disebutkan di atas ada yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda? Jika tidak ada jangan khawatir karena masih banyak jenis-jenis usaha lainnya yang bisa Anda jalankan sesuai dengan selera, keterampilan dan modal yang dimiliki.

Be the first to comment on "Bisnis UKM Laudry, Jual Makanan Kecil Dan Kerajinan Tangan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*