Cara Memulai Bisnis Online yang Sering Disepelekan

Untuk pemula, membangun bisnis online sudah pasti menjadi hal yang begitu sulit karena tidak mengetahui apa yang harus dilakukan dan dari mana harus memulai bisnis ini. sebetulnya ada beberapa tutorial secara online yang mengajarkan hal mengenai memulai usaha online ini. sebaiknya, kita harus menentukan jenis usaha online seperti apa yang akan dijalankan karena model usaha online begitu banyak dengan tingkat kesulitan yang berbeda pula. Selain itu kita juga harus bersungguh-sungguh untuk membangun usaha online. Ada beberapa model usaha online di bawah ini dan cara membangunnya.

Pertama, membangun web. Ini merupakan langkah awal yang mudah yang dapat dilakukan untuk seorang pemula ketika membangun usaha online. Belajar membangun web atau blog tertentu dan memberi manfaat bagi pembaca sepertinya tidak sulit. Anda dapat membuat web yang berhubungan dengan hobi dan minat Anda, tentu ada banyak orang yang memiliki minat serta hobi yang sama dengan Anda. mereka ini yang nanti menjadi audiens bagi Anda. jangan lupa membuat logo untuk blog Anda. ini adalah hal penting karena logo adalah identitas bisnis. Untuk membuat logo, Anda menggunakan jasa.

Kedua, membuat toko online. Bisnis online ini juga bukan menjadi hal sulit, salah satu cara yang paling mudah ialah membuat toko online yang menggunakan platform WordPress. Bila Anda memiliki keahlian di bidang ini, tunggu apalagi? Segera buat toko online. Seringnya toko online dipergunakan untuk menjual produk fisik dengan memajang produk di toko online dan dipromosikan menggunakan media sosial. Lantas, bagaimana jika kita tidak memiliki produk sendiri? Kita dapat menjual produk orang lain yang banyak dicari di internet, dengan menggunakan program reseller.

Ketiga, jual produk digital. Apabila Anda mempunyai keahlian pada bidang tertentu, keahlian ini dapat Anda jual dalam bentuk video, eBook hingga membership. Model bisnis ini mempunyai potensi yang luar biasa, lebih-lebih dijaman serba digital sekarang ini dimana banyak orang yang lebih memilih membaca buku digital dibandingkan dengan buku fisik. Produk digital lebih sering laris di komunitas tertentu, contohnya dalam komunitas usaha online, produk yang berhubungan dengan usaha online pasti akan lebih laris di sana.

Terakhir, affiliate marketer. Sudah memiliki web sendiri namun tidak memiliki produk untuk dijual. Apakah tidak bisa melakukan bisnis onlineTentu saja tidak, Anda bisa menghasilkan uang dari web tersebut, salah satu caranya ialah menjual produk pada orang lain atau affiliate marketer. affiliate marketer ini menjual produk dalam bentuk digital dan fisik, Anda dapat menentukan produk mana yang relevan dengan blog Anda, contohnya web Anda memuat tentang teknologi, gadget, laptop, Anda bisa menjual produk fisik bentuk tersebut. Cukup mudah bukan?

 

Be the first to comment on "Cara Memulai Bisnis Online yang Sering Disepelekan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*