Cara Memulai Usaha Laundry Kecil-kecilan Bagi Pemula

Semakin berkembangnya jaman dan perekonomian, membuat masyarakat semakin tertarik dan cenderung membutuhkan segala sesuatu yang instan dan mudah. Termasuk juga dalam hal ini adalah mencuci pakaian. Bagi beberapa orang seperti mahasiswa atau para pekerja yang bertempat tinggal secara indekos, maka seringkali mengalami kesulitan dalam hal mencuci baju. Terutama jika tidak tersedia lahan untuk menjemur pakaian, sehingga mau tak mau mereka harus memanfaatkan laundry. Di beberapa wilayah, usaha laundry memang masih cukup diminati sehingga peluang untuk bisa sukses semakin besar.

Akan tetapi tak semua orang bisa dengan mudah menapaki bisnis binatu alias laundry ini, dalam beberapa hal mungkin saja bisa jadi kendala. Nah, bagi Anda yang masih pemula dan berminat untuk membuka usaha yang serupa, ini dia tips-tipsnya untuk Anda:

  • Survey lokasi.

Pada umumnya yang menjadi pengguna jasa laundry adalah para pegawai atau mahasiswa yang indekos. Sehingga lokasi yang dianggap paling strategis untuk membuka laundry adalah di sekitar wilayah pemukiman yang banyak indekos, seperti kampus, area perkantoran dan industri hingga wilayah yang dekat dengan rusun atau apartemen. Surveilah terlebih dahulu lokasi tersebut untuk memastikan persaingan laundry tidak begitu ketat atau masih ada celah.

  • Menggunakan peralatan dan perlengkapan yang berkualitas.

Peralatan dan perlengkapan dalam usaha laundry mulai dari mesin cuci, setrika, deterjen hingga pengemasan haruslah benar-benar berkualitas. Selain agar peralatan dan perlengkapan jadi lebih awet, pakaian customer juga tetap terjaga, tidak rusak dan tentu hal ini adalah bagian dari pelayanan yang prima. Jangan lupa juga untuk mempekerjakan orang-orang yang profesional atau setidaknya sudah bisa menggunakan peralatan laundry seperti mesin cuci dan setrika. Sehingga hasil laundry yang diberikan bisa maksimal.

Baca Juga: Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

  • Promosi.

Cara paling mudah untuk memulai usaha adalah dengan melakukan promosi. Anda bisa memulainya dengan menyebarkan brosur yang berisi voucher laundry gratis atau diskon/potongan harga di awal-awal pembukaan usaha binatu yang Anda dirikan. Dengan demikian, mereka bisa mencoba sendiri kualitas pelayanan yang diberikan. Memasang spanduk maupun papan reklame juga wajib dilakukan. Berikan nama dan ikon laundry yang unik untuk menarik pembeli.

  • Pasang tarif wajar.

Anda harus bisa membandingkan antara pengeluaran Anda dengan harga atau tarif yang Anda patok pada pelanggan. Anda harus dapat menghitung secara terperinci berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk melaundry satu kilo pakaian, dari situ Anda bisa mengambil berapa patokan tarif usaha laundry yang akan Anda berikan pada pelanggan, sehingga tidak membebani pelanggan dan juga tidak merugikan Anda sendiri. Pada umumnya di Pulau Jawa sendiri, laundry per kilo berkisar antara 2500-6500 rupiah.

Be the first to comment on "Cara Memulai Usaha Laundry Kecil-kecilan Bagi Pemula"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*