Hal yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan Bisnis Rumahan untuk Marketing Lewat Sosmed

Mendirikan bisnis menjadi salah satu yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan selain harus menjadi pegawai. Salah satu jenis bisnis yang menjadi pilihan adalah bisnis rumahanBisnis yang dikerjakan di rumah ini umumnya dilakukan oleh ibu rumah tangga atau kelompok masyarakat namun ada juga yang dilakukan oleh anak muda misalnya mahasiswa. Salah satu cara marketing yang dilakukan di jaman yang semakin modern dan berteknologi ini adalah dengan menggunakan sosmed atau sosial media.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan saat marketing lewat sosial media. Pertama adalah Anda harus memiliki tujuan dan target. Tujuan atau target ini berkaitan dengan alasan mengapa Anda menggunakan sosial media sebagai media iklan. Ada yang tujuannya murni untuk mendapatkan keuntungan lewat penjualan secara online namun ada pula yang ingin mencoba memperkenalkan dahulu produk yang dijual sehingga pengguna internet bisa tahu produk rumahan dari bisnis Anda atau melakukan branding terlebih dahulu kemudian baru mengembangkan iklan tersebut ke tujuan penjualan.

Kedua adalah konsistensi menjaga image. Bisnis rumahan membutuhkan strategi yang kuat sehingga tidak kalah dengan bisnis atau usaha yang lainnya. Sehingga, dengan menggunakan marketing online lewat sosial media, Anda bisa melawan branding dengan lebih leluasa namun Anda juga harus menjaga konsistensi. Mau tidak mau Anda harus selalu update mengenai barang yang Anda jual agar khalayak ramai terutama pengguna media sosial bisa mengikuti perkembangan produk Anda lewat informasi yang diberikan.

Hal lainnya yang harus dilakukan saat Anda melakukan marketing secara online dengan menggunakan sosial media yaitu:

  • Menjadi pendengar yang baik. Sebagai pengusaha yang baru membangun bisnis, Anda akan mendapatkan tanggapan yang positif dan negatif bahkan komplain dari pelanggan misalnya produk yang dikirimkan ternyata memiliki sobek di bagian ketiak sehingga mau tidak mau Anda harus menggantinya.
  • Membuat konten yang menarik. Konten tersebut sebaiknya terdiri dari gambar yang mewakili iklan, kata-kata persuasif serta tagline yang menjadi ciri khas dari bisnis Anda sehingga memudahkan orang lain yang melihat iklan Anda lebih ingat dengan produk yang Anda jual.
  • Jangan lupa untuk berinteraksi dengan konsumen misalnya melakukan chat.

Namun, ada hal yang tidak boleh dilakukan saat Anda menggunakan media sosial sebagai cara pemasaran untuk bisnis rumahan Anda, yaitu:

  • Membangun network secara terburu-buru.
  • Hanya menggunakan 1 media sosial padahal saat ini ada lebih dari 5 media sosial yang bisa digunakan untuk pemasaran.
  • Melakukan pengiklanan secara berlebihan sehingga dianggap spam. Anda harus menentukan terlebih dahulu kapan iklan akan Anda bagikan sehingga Anda tidak dianggap spamming oleh pengikut atau pengguna media sosial yang lain.
  • Tidak terlihat bersungguh-sungguh.
  • Tidak mengucapkan terima kasih dan attitude positif ke konsumen yang memberikan feedback untuk Anda.

Be the first to comment on "Hal yang Harus dan Tidak Boleh Dilakukan Bisnis Rumahan untuk Marketing Lewat Sosmed"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*