Ide Usaha Musiman Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan merupakan bulan suci penuh berkah. Para umat muslim berlomba-lomba mengumpulkan pahala dan memberikan kebaikan. Selain itu, bulan Ramadhan menjadi berkah bagi para pembisnis untuk menjalankan usaha rumahan yang memberikan keuntungan yang besar. Ada banyak ide usaha musiman saat bulan puasa yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Kira-kira apa saja ide usaha yang berpeluang dan cocok dijalankan saat bulan puasa? Nah, langsung saja simak jenis-jenis bisnis musiman saat bulan puasa dan penjelasannya berikut ini:

Makanan Untuk Buka Puasa Dan Shaur

Bisnis yang paling tepat saat bulan puasa adalah bisnis makanan. Anda bisa menjual makanan khusus berbuka dan shaur. Saat berbuka puasa, umat muslim disarankan untuk berbuka dengan makanan yang manis atau dikenal dengan istilah tajil. Setiap daerah memiliki ciri khas makanan tajil. Makanan yang umumnya dijadikan sebagai makanan pembuka adalah: kolak, cendol, kurma, es buah dsb. Menjalankan bisnis jual tajil modalnya tidak terlalu besar.

Selain jualan makanan untuk buka pusa, Anda bisa menjual makanan untuk shaur. Bisnis ini cocok dijalankan bagi Anda yang tinggal di daerah pemukiman padat penduduk atau di daerah yang penduduknya jarang memasak, misalnya: di daerah kost-kostan atau perkantoran. Jenis makananya adalah jenis makanan berat.

Menjalankan bisnis makanan saat bulan puasa bisa dijalankan di halaman rumah atau dipinggir jalan.

Jualan Baju Muslim

Ide usaha berikutnya yang cocok dijalankan saat bulan puasa adalah jualan baju muslim dan perlengkapan Ibadah, seperti: kopiah (peci), mukena, sajadah, al-quan dsb. Sudah menjadi tradisi dan kebiasaan masyarakat di Indonesia, saat merayakan hari Lebaran menggunakan pakaian baru. Hal tersebut dijadikan sebuah kebahagiaan setelah melewati hari kemenangan selama satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa. Semua umat muslim ingin berpenampilan menarik dan santun secaa islami.

Ada banyak jenis baju muslim yang bisa Anda jual, mulai dari baju anak-anak, remaja hingga dewasa. baju untuk laki-laki dan perempuan. Jualan baju muslim saat bulan ramadhan berpeluang mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, apalagi sekarang trand busana muslim semakin berkembang dan semakin banyak orang yang menggunakan busana muslim sebagai pakaian sehari-hari.

Jualan Makanan Kecil

Tradisi lebaran lainnya yang hampir seluruh masyarakat Indonesia jalani adalah menyediakan makanan kecil untuk tamu yang datang berkunjung. Saat lebaran tradisi saling mendatangi tetangga, kawan dan saudara saling memaaf maafkan menjadi salah satu hal yang selalu dilakukan setelah selesai shalat ied. Saat tamu berkunjung akan disuguhi oleh pemilik rumah makanan-makanan kecil khas lebaran, seperti: kue putri salju, asor, nestar, kacang dan makanan khas lebaran lainnya.

Itulah beberapa ide usaha musiman saat bulan ramadhan yang bisa Anda jadikan pilihan yang mulai sekarang sudah Anda persiapkan.

Be the first to comment on "Ide Usaha Musiman Menjelang Hari Raya Idul Fitri"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*