Info Terkini tentang Penerbitan Buku Indie

Banyak orang yang memiliki impian atau keinginan untuk menerbitkan buku karangan sendiri. Namun tidak semua orang yang memiliki impian menjadi penulis tersebut memahami seluk-beluk dunia penerbitan, sehingga kebingungan untuk menerbitkan karya-karyanya. Banyaknya penerbit mayor di Indonesia tidak serta-merta membuat para penulis dapat menerbitkan bukunya dengan mudah, sebab begitu banyak pertimbangan dan persyaratan yang diberikan oleh penerbit kepada penulis yang ingin menerbitkan bukunya, mulai dari faktor kelayakan dan kualitas naskah, faktor penjualan, hingga faktor tema yang harus disesuaikan dengan kondisi masing-masing penerbit. Menyadari bahwa menerbitkan buku di penerbit terkemuka ternyata tidak semudah yang dibayangkan, tidak sedikit para penulis yang menempuh jalur indie, yaitu menerbitkan bukunya secara mandiri. Berikut ini adalah info terkini seputar penerbitan buku indie yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menerbitkan buku secara mandiri.

Baca Juga : Berita Terpercaya Seputar Dunia Perbukuan

Dalam usaha menerbitkan buku secara indie, banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum buku dicetak ke sebuah percetakan. Di antara beberapa hal yang harus dipersiapkan penulis yang ingin menerbitkan bukunya secara indie adalah:

Desain Cover dan Tata Letak Buku

Setiap naskah harus melalui proses tata letak sebelum dicetak di percetakan. Jika penerbit mayor sudah menyediakan orang-orang yang kompeten untuk mendesain sampul atau cover buku dan mengurus tata letak buku agar tampilan buku enak dibaca, ketika menerbitkan buku secara indie, kita harus mencari orang yang pandai mendesain cover buku dan memiliki kemampuan dalam hal tata letak buku, kecuali kita memiliki kemampuan yang memadai terhadap dua hal tersebut, kita tidak perlu repot-repot membayar orang. Namun jika tidak memiliki kemampuan dalam bidang desain, kita harus rela mengeluarkan dana lebih untuk mendesain sampul dan menata letak buku.

Info terkini, rata-rata desainer tata letak buku menawarkan harga jasa sekitar Rp. 3500-5000 per halaman buku yang sudah dilayout, sementara untuk perancang sampul, uang jasa yang harus dikeluarkan sekitar Rp. 200.000-500.000, harga tergantung kerumitan konsep sampul buku yang kita inginkan, semakin rumit konsep sampul maka ongkos jasanya tentu akan semakin mahal.

Jasa Editor

Tidak semua naskah yang sudah selesai kita tulis berarti layak diterbitkan, atau layak dibaca oleh orang lain. Kita tentu memerlukan sentuhan tenaga profesional untuk memoles naskah yang kita tulis agar lebih bagus secara kualitas dan dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan mendasar seperti salah ketik dan kesalahan ejaan. Tidak semua penulis menguasai tata bahasa, sehingga ia memerlukan seorang Editor untuk memperbaiki tulisannya. Dalam hal mengedit naskah, umumnya seorang editor lepas atau freelance editor menawarkan harga jasa sekitar Rp. 3500-5000 per halaman naskah, harga yang cukup pantas demi kelayakan karya kita untuk dibaca orang lain.

Itulah beberapa info terkini seputar menerbitkan buku secara indie, terutama yang berkaitan dengan harga jasa yang harus kita persiapkan sebelum kita memasukkan buku kita ke percetakan

Be the first to comment on "Info Terkini tentang Penerbitan Buku Indie"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*