Ingin Sukses Bisnis? Hindari Kesalahan Bisnis Online Berikut

Karena terlalu fokus pada tips bisnis, pebisnis pemula kadang mengabaikan hal-hal yang harusnya dihindari. Suksesnya bisnis online tidak hanya didapatkan dari melakukan semua tips bisnis, tetapi juga dari menghindari hal-hal yang bisa merugikan bisnis. Jadi, ingin sukses bisnis? Hindari kesalahan bisnis online berikut.

Terlalu Lama Melaunching Produk

Produk berupa jasa ataupun barang di pasaran bisnis online, begitu mudah dan cepat berubah dan berganti. Kehilangan momen dan terlambat menangakap peluang adalah salah satu penyebab gagalnya bisnis. Karenanya, jangan terlalu lama melaunching sebuah produk. Bisa jadi, saat itu pesaing Anda sudah datang dengan konsep dan inovasi baru yang lebih menarik bagi konsumen. Jadi, jangan sampai tertinggal.

Mengabaikan Konsumen

Konsumen adalah alasan utama bisnis online Anda masih terus ada. Jadi, pastikan untuk selalu memperhatikan apa kemauan konsumen. Selalu dengarkan saran dan kritik dari konsumen untuk membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang. Meskpiun juga harus Anda lakukan filterisasi terhadap suara mereka. Tidak semua konsumen juga menyampaikan saran yang membangun.

Tidak Menawarkan Sesuatu Yang Berbeda

Persaingan bisnis online sangatlah ketat dan berat. Jika Anda hanya menawarkan produk yang biasa saja, maka jangan heran jika Anda tidak dilirik oleh konsumen. Sebaliknya, saat Anda menawarkan sesuatu yang berbeda, ini akan jadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Sesuatu yang berbeda bukan saja tentang produk yang Anda tawarkan. Anda bisa memberikan sentuhan yang berbeda meskipun produk yang Anda tawarkan sama dengan yang lain. Salah satunya dengan memberikan reward atau diskon tertentu untuk produk Anda.

Tidak Mempunyai Tim Kerja

Ketatnya bisnis online memaksa pebisnis untuk selalu fokus. Karenanya, Anda pelru adanya tim kerja yang jelas. Jika semua hanya dilakukan sendiri, maka tidak heran jika suatu saat Anda akan kewalahan menghadapi konsumen.

Jangan terlalu memaksakan melakukan semuanya sendiri, jika memang terlalu berat. Cari dan manfaatkan potenti-potensi di sekitar Anda, baik keluarga maupun teman-teman.

Terlalu Banyak Berpikir

Bisnis artinya bertindak. Jika Anda terlalu banyak berpikir tapi tidak melakukan langkap apapun, sama saja sia-sia dan percuma. Jika Anda terlalu banyak memikirkan konsep bisnis, itu hanya akan menghabiskan waktu saja. Memikirkan konsep bisnis memang penting dilakukan, tapi juga jangan habiskan semua waktu hanya untuk berpikir. Sekarang saatnya Anda melakukan action, bukan hanya berhenti pada rencana saja.

Coba lakukan rencana-rencana yang sudah Anda susun, satu per satu. Jangan terlalu sibuk melakukan revisi rencana dan evaluasi saja. Jika memang semuanya sudah siap dilakukan, maka ini saat melakukan.

Demikian tadi beberapa jenis kesalahan bisnis online yang harus Anda hindari, agar bisnis sukses. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment on "Ingin Sukses Bisnis? Hindari Kesalahan Bisnis Online Berikut"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*