Jangan Buru-buru Terima Tawaran Peluang Bisnis Menjanjikan, Ini Tips Menyikapinya!

Ada banyak sekali tawaran peluang usaha yang datang silih berganti. Tawaran-tawaran tersebut bisa berasal dari kolega, saudara, teman hingga orang lain yang baru saja dikenal. Belum lagi jika melihat pada berbagai jenis media massa, ingin hati rasanya mencicipi setiap peluang bisnis yang ada. Memang terkadang rasanya mubadzir untuk menolak tawaran bisnis menjanjikan begitu saja, terlebih jika memang sebenarnya kita sudah tahu bagaimana prospeknya. Namun jangan pernah terburu-buru dalam menentukan sesuatu, mulailah ambil sikap terhadap setiap penawaran bisnis yang datang pada Anda.

  • Penjualan.

Apabila penjualan ternyata tidak sebanyak seperti yang tertulis di media atau seperti yang diberitahukan orang lain makan sebenarnya hal tersebut wajar saja. Mengingat hal ini dikarenakan dalam setiap usaha, kita harus tetap menanggung fixed cost alias biaya tetap yang mau tak mau harus tetap dikeluarkan meski tidak ada pemasukan/penjualan. Jika sepertinya omzet yang diraih cukup menggiurkan, bukan berarti bahwa usaha tersebut tidak mengalami jatuh bangun. Artinya di awal memulai usaha, bukan berarti usaha Anda langsung beromzet besar seperti itu.

  • Situasi pasar dan harga.

Harga jual produk dalam setiap bisnis menjanjikan yang ada pada media massa merupakan harga yang mutlak dan diasumsikan akan selalu stabil. Kenyataannya, terkadang harga tidak selalu stabil seperti yang kita harapkan. Terutama apabila kita berjualan komoditi pertanian, yang notabene selalu berfluktuasi dan ini tergantung pada musim harga yang ada pada media tersebut. Hal ini tentu akan membawa pengaruh pada modal serta keuntungan.

  • Pengeluaran tidak sama.

Cermati juga mengenai pengeluaran yang dibutuhkan dalam setiap usaha tersebut. Anda harus memahami bahwa belum tentu dalam tiap artikel yang ada pada media cetak, pengeluaran usaha baik operasional maupun operasional dari setiap perusahaan tercantum di media tersebut. Kenyataannya ada banyak pengeluaran yang harus Anda tanggung saat menjalankan usaha, mulai dari biaya sewa kantor/lahan usaha, biaya pajak dan retribusi, biaya eksplorasi maupun pengembangan, insentif pegawai, biaya tetap, hingga biaya tak terduga. Dalam setiap perusahaan, pengeluaran-pengeluaran tersebut harus tetap berjalan.

  • Tidak ada bisnis yang benar-benar instan hasilnya.

Jangankan peluang bisnis menjanjikan, kita akan memakan mie instan saja masih harus melewati beberapa macam proses. Dalam hal bisnis, tak ada suatupun yang benar-benar instan. Anda harus memiliki mindset semacam itu, sehingga nantinya Anda tidak akan atau tidak mudah untuk tertipu. Anda harus memahami pula, dunia bisnis itu agak kejam karena Anda bisa saja berselisih paham dengan keluarga atau teman. Jika ingin atau tertarik berbisnis, akan lebih baik jika berkonsultasi terlebih dahulu pada yang telah berpengalaman.

 

Be the first to comment on "Jangan Buru-buru Terima Tawaran Peluang Bisnis Menjanjikan, Ini Tips Menyikapinya!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*