Jenis-jenis Bisnis Rumahan untuk Mahasiswa

Mendapatkan penghasilan sendiri, bagi kita yang berstatus sebagai mahasiswa, mungkin menjadi suatu impian yang ingin diwujudkan. Usia yang sudah memasuki dewasa dan niatan untuk tidak lagi membebani orang tua dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari menjadi alasan utama mengapa banyak mahasiswa yang ingin merintis usaha sendiri. Namun di sisi lain, kewajiban untuk belajar dan kesibukan yang berhubungan dengan perkuliahan menyita waktu yang tidak sedikit, sehingga keinginan untuk merintis usaha sendiri sejenak dikesampingkan. Sebenarnya, terdapat beberapa jenis bisnis rumahan yang dapat dikerjakan oleh mahasiswa sebagai pekerjaan sampingan di luar kesibukan yang berkaitan perkuliahan. Berikut ini adalah bisnis sampingan yang dapat dikerjakan oleh mahasiswa.

Salah satu jenis usaha rumahan yang sering dijadikan pilihan mahasiswa untuk mendapat penghasilan adalah bisnis jual pulsa. Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok, sehingga merintis usaha di bidang ini akan selalu ramai pelanggan. Bisnis jualan pulsa bisa dirintis mulai dari skala kecil-kecilan, misalnya dengan menjual pulsa ke teman-teman sendiri, dengan catatan harus bayar cash agar tidak rugi. Bisnis jualan pulsa juga tidak memerlukan modal yang besar. HP milik kita sendiri dapat dijadikan sebagai alat kita memperoleh penghasilan.

Jenis usaha lainnya yang sangat cocok dirintis oleh mahasiswa adalah bisnis jualan buku online. Berjualan online memerlukan modal yang relatif sedikit, sebab kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa toko. Skil utama yang dibutuhkan mahasiswa yang ingin berjualan buku online adalah keuletan. Kita cukup menyediakan lapak online atau membuat akun jualan di media sosial, kemudian memposting foto-foto cover buku yang dapat kita peroleh di situs penerbit, sehingga kita tidak perlu memotret sendiri. Kita juga tidak terlalu perlu membeli bukunya terlebih dahulu, cukup menunggu pemesan buku-buku tertentu, baru kita mencarikannya di toko buku offline. Keuntungan yang kita peroleh dari berjualan buku adalah selisih harga diskon yang biasa diberikan toko-toko buku bagi pembeli yang berstatus pelajar/ mahasiswa.

Baca Juga: Bisnis Unik Bermodal Tulisan Tangan Indah

Bisnis di bidang jasa penulisan dan penerjemahan merupakan bidang usaha yang relatif tidak memerlukan modal. Skil atau kemampuan merupakan modal utama bagi mahasiswa yang ingin berkecimpung di bidang jasa penulisan dan penerjemahan ini. Di luar sana banyak sekali orang yang tidak memiliki skil menulis namun ingin memiliki buku atau memerlukan bantuan penulis untuk mengerjakan tugas yang dibebankan padanya. Begitu pun dengan jasa penerjemahan, tidak banyak orang yang menguasai bahasa asing dengan baik. Bagi mahasiswa yang memiliki skil menulis dan menerjemah, bisnis rumahan dalam bidang ini akan sangat menjanjikan.

Pilihlah jenis bisnis rumahan yang tidak menyita waktu dan tidak mengganggu kegiatan belajar kita sebagai mahasiswa. Bidang bisnis yang dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan dan dapat kita kerjakan di kamar kost patut kita jadikan pertimbangan utama. Jangan sampai bisnis yang kita rintis justru mengganggu kegiatan perkuliahan kita, sebab tugas utama kita sebagai mahasiswa adalah belajar.

Be the first to comment on "Jenis-jenis Bisnis Rumahan untuk Mahasiswa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*