Jual Kopi Sebagai Mata Pencaharian? Terapkan Tips Berikut Ini!

Kopi menjadi minuman merakyat yang disukai semua kalangan mulai dari kaum biasa hingga kaum elit sekalipun. Dengan adanya target pasaran yang begitu luas, tak heran jika bisnis kopi ini termasuk bisnis yang cukup diperhitungkan saat ini. Bisnis kopi pun beragam mulai dari bertani kopi, ekspor kopi ke luar negeri, menjadi supplier kopi hingga bisnis kopi berbentuk kedai atau kafe yang digandrungi. Namun untuk lebih fokus lagi, maka artikel kali ini akan spesifik membahas terkait bisnis jual kopi dengan bentuk kedai atau kafe.

Pasti Anda kerapkali melihat kedai-kedai kopi di pasaran ramai pengunjung. Tak hanya minum kopi, namun kedai dan kafe tersebut juga kerapkali sebagai tempat untuk sekedar menikmati secangkir kopi, berkumpul bersama teman, memanfaatkan wifi dan masih banyak lagi. Namun yang jelas, kafe kopi ini ternyata banyak yang menggilai. Untuk itu, Anda patut mencoba terjun dalam bisnis yang sedang dalam puncak kepopulerannya ini.

Berikut ini beberapa tips jika Anda tertarik untuk terjun dalam bisnis kafe kopi:

  • Target konsumen

Meski target konsumen kopi begitu besar, namun menjadikan spesifik target ini akan memudahkan Anda untuk merencanakan lagi bisnis ke depannya. Misalnya, target adalah mahasiswa dimana uang saku kerapkali pas-pasan dan sering mencari internet gratis. Untuk itu, kafe kopi bisa dibangun dekat dengan area kampus, harganya terjangkau dan pastinya menyediakan fasilitas Wifi. Namun jika target market adalah karyawan yang memiliki penghasilan lumayan, maka harga per secangkir kopi bisa lebih mahal lagi.

  • Temukan supplier kopi

Setelah Anda memetakan target konsumen yang akan Anda tuju, selanjutnya temukan supplier kopi yang sesuai dengan target market tersebut. Untuk kopi kelas biasa, Anda bisa mudah menemukan di pasaran dengan harga yang begitu murah. Namun untuk kopi kelas premium, Anda perlu menemukan supplier yang jual kopi segala jenis dengan lengkap dan harga kompetitif.

  • Lokasi yang pas

Kesuksesan berbisnis apapun ditentukan salah satunya dengan lokasi yang Anda pilih. Begitu juga jika Anda ingin membangun bisnis kafe yang sukses dimana lokasi juga sangat menentukan. Usahakan agar lokasi dari kafe tersebut ada di sekitaran jalan raya dengan jalur lambat sehingga banyak yang bisa melihat keberadaan kafe Anda. Selain itu, pertimbangkan juga tentang lahan parkirnya. Ada baiknya jika memiliki lahan parkir yang cukup luas sehingga banyak pengunjung merasakan kemudahan berkunjung ke kafe Anda.

  • Desain kafe

Saat ini sosial media menjadi salah satu cara berpromosi yang gratis. Untuk itu, tampilan menjadi hal penting yang bisa menjadikan kafe Anda populer. Milikilah tema dalam mendesain kafe Anda mulai dari monokrom, vintage, atau lainnya sehingga ada sesuatu yang khas dan bisa membuat konsumen tertarik. Jika Anda bisa memberikan spot foto menarik di semua sudut kafe, maka tanpa banyak usaha kafe Anda akan populer dengan sendirinya lantaran memiliki desain berbeda.

  • Menu tambahan

Kopi akan pas jika disantap dengan berbagai kudapan lainnya misalnya kue, gorengan atau lainnya. Untuk itu, sediakan alternatif camilan para konsumen Anda sehingga minum kopi bisa semakin nikmat.

Itulah beberapa tips dalam membuka usaha kafe yang jual kopi. Gencarkan pemasaran baik secara online maupun offline sehingga target pasar Anda bisa tertarik dan menjadikan penjualan meroket. Selain itu, jangan lupakan pentingnya pelayanan yang maksimal dan ramah.

Be the first to comment on "Jual Kopi Sebagai Mata Pencaharian? Terapkan Tips Berikut Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*