Kiat-kiat Marketing Online

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa dampak perubahan di berbagai bidang, tidak ketinggalan juga dalam bidang pemasaran atau marketing. Jika pada zaman dahulu marketing lebih banyak berkutat pada pemasaran dari pintu ke pintu untuk memperkenalkan sebuah produk, pada masa berikutnya pemasaran suatu produk mulai berkembang melalui media iklan baik itu media cetak maupun elektronik. Kini, ada satu media lainnya yang tidak kalah efektif untuk melakukan pemasaran, yaitu media online. Berikut ini merupakan kiat-kiat marketing online agar dapat menarik perhatian dan minat calon konsumen sehingga produk yang kita pasarkan dapat dikenal atau bahkan diburu oleh konsumen.

Melakukan promosi di media online tentu berbeda dengan ketika melakukan promosi dari pintu ke pintu atau melalui media cetak. Pemasaran melalui media online akan lebih cepat tersebar dan lebih cepat sampai ke calon konsumen. Hal tersebut tentu merupakan kelebihan melakukan promosi di media online yang harus dimanfaatkan dengan baik. Namun kecepatan penyebaran tersebut bisa menjadi bumerang jika tidak diiringin dengan strategi yang baik. Dalam media online, setiap orang dapat memberikan komentar atas produk yang kita pasarkan, sehingga komentar dari seseorang tentang produk kita dapat mempengaruhi kesan dari orang lain yang membaca komentar tersebut.

Baca Juga : Tips Bisnis Online untuk Pemula

Strategi yang bisa digunakan untuk memberikan kesan yang baik bagi calon konsumen akan produk kita adalah dengan menampilkan foto testimoni, yaitu kesan baik atau kepuasan konsumen yang sudah lebih dahulu menggunakan produk yang kita pasarkan tersebut. Dengan menyebarkan foto testimoni atau iklan testimoni, maka calon konsumen akan terpengaruh dengan testimoni tentang keunggulan produk yang kita pasarkan, sehingga ia tergerak untuk membeli produk tersebut.

Kesan awal merupakan faktor yang harus diperhatikan jika kita ingin memasarkan produk di media online. Sebagai media yang pergerakannya sangat cepat, orang-orang cenderung mengabaikan hal-hal yang kurang menarik perhatian. Sebaliknya, orang-orang akan mudah tergerak untuk melihat hal-hal yang menarik perhatiannya. Maka agar marketing online yang kita lakukan dapat berjalan efektif, kita harus menawarkan hal-hal yang menarik perhatian calon konsumen. Misalnya jika kita ingin memasarkan produk makanan, buatlah foto yang dapat menggugah selera. Apapun produk yang akan kita pasarkan di media online, foto atau poster iklannya harus dibuat semenarik mungkin.

Satu hal lain yang harus dipertimbangkan agar promosi melalui media online dapat berjalan dengan efektif adalah banyak melakukan share di media sosial. Media sosial merupakan medium online dengan pengguna yang banyak dan dari kalangan masyarakat yang beragam. Semakin sering kita men-share produk kita, maka akan semakin luas penyebaran produk kita di media sosial. Selain itu, agar marketing online yang kita buat tidak hanya berjalan satu arah, buatlah akun khusus di media sosial yang dapat menampung dan menjawab pertanyaan-pertanyaan calon konsumen seputar produk yang kita pasarkan.

Be the first to comment on "Kiat-kiat Marketing Online"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*