Kisah Anak Presiden Jadi Wirausaha Sukses

Siapa yang tak kenal Gibran Rakabuming Raka? Anak sulung Jokowi yang menjadi seorang wirausaha sukses. Ya, meski anak orang nomor satu di Indonesia, Gibran tak berpangku tangan begitu saja. Ia memilih menjadi mandiri dengan membuka usahanya sendiri.

Gibran memulai usahanya dengan mendirikan katering makanan bernama Chili Pari. Ide katering makanan ini berawal dari Gedung Graha Sabha milik keluarganya yang sering disewa untuk acara pernikahan. Gibran melihat ada peluang usaha di sana, karena gedung tersebut tak memiliki penyewaan katering, padahal dalam sebuah acara pernikahan, makanan adalah salah satu hal utama yang harus disajikan untuk tamu.

Meski ayahnya seorang pengusaha, tapi Gibran tak diberi modal, alhasil Gibran memutar otak dengan membuat 7 proposal yang mana ada 1 proposal yang diacc dengan bantuan dana 1 Milyar.

Pada saat Gibran membuka usaha katering ini, ayahnya sudah menjadi seorang Walikota Solo, akan tetapi Gibran tak serta merta memanfaatkan koneksi ayahnya untuk mendapatkan klien. Bahkan, Gibran pun tak ingin menerima pesanan makanan dari pihak balaikota Solo sebagai bentuk kejujuran dan profesionalitasnya dalam bekerja.

Tak hanya membuka usaha katering Chili Pari, Gibran juga melebarkan sayap usahanya dengan membuka kedai martabak bernama Markobar. Sebenarnya, Markobar sendiri berawal dari kios Martabak kaki lima yang terletak di Kota Barat, Solo yang dimiliki oleh Arif Setyobudi sejak tahun 1996.

Markobar ini memang terkenal laris sejak lama, bahkan konsumennya pun rela antre nntuk mencicipi manisnya makanan ini. Melihat kesuksesan Markobar ini, Gibran pun kepincut, instingnya sebagai wirausaha sukses pun bekerja, dan ia mulai membuka cabang Markobar di Solo Grand Mall dengan konsep berbeda. Gibran membawa Markobar naik kelas dengan menyuguhkan suasana ala kafe.

Baca Juga: Bisnis Unik Skala Rumahan yang Menguntungkan

Kesuksesan Markobar di Solo Grand Mall ini tak membuat Gibran puas, sehingga ia mulai membuka dua cabang lain Markobar di Solo serta mulai membuka cabang lain di berbagai kota. Selain Solo, saat ini sudah ada cabang Markobar di Yogyakarta, Semarang, dan yang teranyar ada di Jakarta.

Markobar memang menawarkan keunikan lain dari segi rasa atau topping, jika biasanya martabak manis hanya memiliki satu rasa dalam satu loyang. Maka, Markobar menawarkan beraneka macam topping dalam satu loyang. Saat awal pembukaan Markobar, Gibran menyajikan 8 rasa, namun seiring perkembangan, Gibran menawarkan Markobang hingga 16 topping dalam satu loyang yang bisa dipilih, dari rasa cokelat, matcha, ovomaltine, nutella, hingga cokelat toblerone.

Harga Markobar sendiri ada pada kisaran 50 ribu hingga 100 ribu tergantung rasa yang dipilih oleh konsumen. Harga ini memang lebih mahal jika dibandingkan harga martabak manis pada umumnya. Akan tetapi harga ini tentunya sesuai dengan rasa serta keunikan martabak yang ditawarkan.

Gibran telah membuktikan bahwa untuk menjadi wirausaha sukses tak perlu memulai dari sesuatu yang besar, karena yang terpenting adalah harus berani berinovasi dan memberikan sesuatu yang beda dari apa yang sudah ada.

Be the first to comment on "Kisah Anak Presiden Jadi Wirausaha Sukses"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*