Macam-macam Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Mendirikan bisnis rumahan merupakan pilihan yang paling masuk akal dan paling mungkin dilakukan bagi ibu rumah tangga untuk membantu ekonomi keluarga dengan penghasilan tambahan. Selain dapat dilakukan di rumah, bisnis dalam skala rumah tangga juga tidak membutuhkan terlalu banyak karyawan dan dapat dikerjakan di waktu luang, sehingga tidak mengganggu kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Banyak sekali macam-macam bisnis rumah tangga yang dapat memberi penghasilan yang cukup menggiurkan. Berikut ini adalah jenis-jenis usaha rumahan yang dapat dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin merintis usaha dalam skala yang sederhana.

Salah satu macam bisnis rumahan yang paling banyak dijadikan pilihan bagi ibu rumah tangga adalah merintis usaha di bidang katering. Bagi ibu rumah tangga, memasak merupakan rutinitas sehari-hari. Merintis usaha dalam bidang jasa katering secara tidak langsung akan memfasilitasi kemampuan dan hobi memasak para ibu rumah tangga. Merintis usaha katering umumnya tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Jika peralatan memasak yang dimiliki sudah lengkap, modal yang diperlukan relatif sedikit, ibu-ibu bisa mengandalkan uang DP dari pemesan katering sebagai modal untuk berbelanja bahan-bahan memasak. Karyawan yang dibutuhkan untuk bisnis katering skala rumahan juga tidak banyak, dengan dibantu dua hingga tiga orang, usaha katering sudah bisa dijalankan.

Selain bisnis katering, merintis usaha membuat makanan ringan juga dapat dijadikan pilihan para ibu rumah tangga. Makanan ringan biasanya akan laris-manis di pasaran menjelang lebaran. Jadi, bisnis memproduksi makanan ringan dalam skala rumahan dapat dijadikan bisnis musiman. Makanan ringan yang dapat diproduksi di antaranya adalah kue-kue kering, kerupuk, camilan berbahan dasar tepung, dll. Penghasilan dari bisnis makanan ringan musiman terbilang cukup lumayan. Terbukti, banyak sekali usaha membuat makanan ringan yang menjamur ketika menjelang lebaran.

Baca Juga:Konveksi Hijab, Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Jenis usaha lain yang dapat dirintis dalam skala rumahan adalah jasa laundry. Berbeda dengan dua jenis usaha rumahan di atas yang cenderung tidak memerlukan modal besar, bisnis usaha laundry meski dalam usaha kecil tetap membutuhkan modal, yaitu untuk membeli mesin cuci, setrika, hingga detergen dan pengharum pakaian. Bisnis usaha laundry juga memerlukan karyawan yang bisa stanby, setidaknya selama sekitar sepuluh jam dalam sehari. Usaha laundry sangat cocok dirintis mereka yang tinggal di lingkungan yang dipenuhi dengan anak kost dan pekerja kantoran yang memiliki kesibukan sehingga tidak sempat mencuci pakaian sendiri.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam merintis bisnis rumahan adalah, kita harus membuat rencana secara detail, baik itu dalam hal modal, pegeluaran, prakiraan keuntungan yang diperoleh, hingga waktu kerja yang dibutuhkan. Jangan sampai usaha rumahan yang kita rintis justru menyita waktu sehingga kita melupakan kewajiban utama kita, jangan sampai pula usaha tersebut justru membuat kita rugi.  Kepuasan pelanggan juga merupakan hal yang harus kita utamakan. Jangan sampai usaha yang kita rintis justru mengecewakan bahkan merugikan orang lain.

Be the first to comment on "Macam-macam Bisnis Rumahan yang Menguntungkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*