Maraknya bisnis ukm di kalangan mahasiswa

Akhir akhir ini banyak mahasiswa yang menggeluti bisnis ukm atau usaha kecil menegah. Maraknya mahasiswa yang terjus ke usaha kecil menengah ini disebabkan oleh banyak faktor seperti mudahnya perizinin dan minimnya modal awal untuk jenis usaha kecil menengah ini. Bisnis ukm seoalah menjadi ajang mahasiswa untuk memulai karir bisnisnya. Keuntungan yang di tawarkan bisnis ukm pun tergolong menggiurkan bagi mahasiswa setidaknya untuk uang jajan atau menambah biaya kuliah.

Jenis bisnis ukm yang banyak digeluti oleh mahasiswa umumnya adalah konveksi baju, travel agensi, online shop dan kuliner. Banyaknya mahasiswa yang memilih bisnis ukm tersebut dikarenakan mudahnya mengurus bisnis ukm tersebut dan bisa dilakukan di tengah kesibukan mereka sebagai mahasiswa. Banyak mahasisw yang terjun di bisnis ukm online shop dan rata rata mereka menjual produk fashion atau barang elektronik. Bisnis ukm konveksi yang digeluti mahasiswa rata rata adalah membuat clothing baju yang konsumen utamanya adalah kaum muda. Sedangkan untuk travel agensi sendiri banyak mahasiswa yang menyediakan jasa agen travel ataupun pemandu wisata. Selain mendapat keuntungan secara material mereka juga dapat jalan jalan secara gratis. Bisnis ukm kuliner menjadi primadona untuk mahasiswa apakah itu kuliner makanan ataupun minuman baik secara mandiri ataupun secara franchise. Rata rata mahasiswa memulai bisnis ukm dengan modal usaha yang minim dan juga sedikit pengalaman karena mereka lebih berorientasi mencari pengalam dari bisnis ukm tersebut. Mereka tidak terlalu mengejar keuntungan dari bisnis ukm akan tetapi mereka lebih mengejar pengalaman dan idealisme mereka. Banyak juga mahasiswa yang mendapat modal dari pemerintah untuk bisnis ukm mereka. Pemerintah juga sering mengadakan seminar seminar tentang bisnis ukm di kampus kampus untuk mahasiswa. Hal ni tentu saja menjadi kemudahan bagi mahasiswa dan melecut semangat mereka untuk memulai bisnis ukm.

Baca Juga: Peluang Usaha Kreatif Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Akan tetapi yang perlu disikapi dengan bijak oleh mahasiswa yang terjun di bisnis ukm adalah jangan sampai bisnis ukm mereka mengganggu tujuan utuama mereka sebagai mahasiswa yaitu menuntut ilmu dan lulus dari perguruan tinggi. Banyak contoh kasus mahasiswa yang sudah terlalu asik mengelola bisnis ukm dan mereka melupakan tugas utama mereka sebagai mahasiswa, hal ini tentu saja sangat disayangkan sekali. Bahkan ada mahasiswa yang sampai mengundurkan diri dengan alasan ingin fokus di bisnis ukm yang dia dirikan. Hal ini juga harus dipikirkan oleh pihak kampus dan juga pemerintah jangan samapi tren ini dibiarkan begitu saja karena walau bagai manapun ini tidak bagus bagi perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Memang sepertinya perlu ada peraturan yang mengatur bisnis ukm bagi kalangan mahasiswa yang menguntungkan mereka tetapi juga sekaligus tidak mengabaikan studi mereka.

Be the first to comment on "Maraknya bisnis ukm di kalangan mahasiswa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*