Peluang usaha Budidaya Ternak Lele

beberapa orang tak bernafsu makan jika lauk dan pauknya bukanlah ikan. Ikan seolah-olah telah menjadi makanan pokok. Maka, tak heran jika banyak orang yang ingin menjajal peluang usaha di bidang perikanan. Karena, semakin hari permintaan masyarakat akan kebutuhan ikan konsumsi sangat tinggi. Dan setiap waktunya, jumlah permintaan itu terus bertambah. Karena, kebutuhan konsumsi ikan masih belum tercukupi. Di tambah lagi dengan adanya kampanye kebiasaan makan ikan yang digencarkan oleh pemerintah. Dari ikan laut sampai ikan tawar. Ini bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk peluang usaha. Salah satu yang bisa dijajal adalah peluang usaha di bidang budidaya ternak lele. Karena, lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang hampir menjadi ikan konsumsi yang paling banyak permintaannya. Untuk itu, berikut adalah tips untuk menjajal peluang usaha budidaya lele ini:

  • Kostruksi kolam

Pertama-tama yang harus siapkan untuk memulai bisnis ini, anda harus menyiapkan kolamnya terlebih dahulu. Bila anda memiliki sepetak lahan. Minimal ukurannya 2 x 2 meter saja cukup. Sebisa mungkin sediakan kolam dengan suhu normal. Yang tak terlalu dingin dan tak terlalu panas. Namun bila anda tak memiliki lahan, maka anda bisa menyiasati ini dengan membuat kolam dari terpal. Lele juga bisa dikembangbiakkan di medium ini. Namun, ini cukup sulit. Anda harus teliti. Karena, resiko menggunakan kolam terpal adalah rusak.

  • Pilihlah benih unggul

Langkah selanjutnya ialah memilih benih unggul. Pilihlah benih ikan lele yang memiliki ciri-ciri sehat. Bisa di lihat dari agresifitas dan ketika ia menghirung oksigen. Pilihlah benih dengan warna terang dan gesit. Dan yang paling penting adalah, pastikan semua ukurannya sama semua. Tidak ada yang terlalu besar dan taka da yang terlalu kecil. Kalau bisa, pilihlah bibit benih lele berjenis lele dumbo atau lele sangkuriang.

  • Penebaran benih

Langkah selanjutnya tentulah cara menebar benih. Tebarlah benih sebanyak 1000 ekor untuk memenuhi kolam tersebut. Jangan lebih dari itu, karena ini adalah jumlah ideal. Jika melebihi ini akan rentang terjadi kematian.  

  • Cara memberi makan

Sediakanlah makanan standar untuk lele sesuai dengan usia. Jika lele masih terlalu kecil, cobalah dengan memberi pakan lele dengan pelet. Namun, jika ukurannya sudah cukup besar, bisa diganti dengan ikan kecil yang sudah di potong-potong atau daging. Setelah besar, seukuran dengan lele pecel, lele ini sudah bisa dipanen.

Berikut tadi adalah peluang usaha di bidang ternak lele yang bisa anda jajal. Selamat mencoba. Yang utama dalam sebuah bisnis perikanan, anda harus peka terhadap kondisi ikan dan kondisi air.

Be the first to comment on "Peluang usaha Budidaya Ternak Lele"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*