Peluang Usaha Modal Kecil Bagi Anda yang Masih Berstatus Mahasiswa

Bagi seorang mahasiswa, mencari penghasilan tambahan untuk memperpanjang biaya hidup selama masa kuliah, mungkin merupakan pemandangan umum yang biasa kita lihat dalam kehidupan nyata. Namun kegiatan mencari penghasilan tambahan ini, terkadang akan menemui berbagai kendala, terutama pembagian waktu yang tidak dapat di jadwal sedemikian rupa, mengingat waktu kuliah yang terkadang berubah-ubah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuka usaha sendiri, dimana waktu usaha dapat diatur dan disesuaikan dengan waktu kuliah. Dari segi waktu mungkin hal ini dapat menjadi solusi yang tepat, namun kendala lain dalam hal permodalan justru akan muncul sebagai permasalahan lainnya. Olah karena itulah mencari peluang usaha modal kecil bagi seorang mahasiswa memang perlu dilakukan agar nantinya dapat menjalankan usaha yang menghasilkan keuntungan.

Menjalankan bisnis online sebagai dropshipper ataupun reseller mungkin dapat menjadi solusi tersendiri bagi seorang mahasiswa yang ingin memulai usaha, namun terbentur dengan permasalahan modal. Untuk menjalankan usaha ini, seorang mahasiswa hanya membutuhkan sebuah smartphone ataupun PC dengan jaringan internet yang terpasang didalamnya. Dengan memanfaatkan jaringan internet inilah, seorang mahasiswa dapat membentuk pasar mereka sendiri melalui berbagai media sosial yang mereka miliki, dan menawarkan berbagai barang dagangan yang didapat dari para distributor. Hanya dengan menawarkan dan menjual barang dari distributor, keuntungan yang lumayan dapat Anda peroleh dengan mudah.

Baca Juga: 5 Cara Menggali Peluang Usaha di Sekitar Anda

Selain menjadi seorang dropshipper ataupun reseller, berikut ini peluang usaha lainnya yang dapat dijalankan oleh seorang mahasiswa dengan modal yang minim, antara lain :

  • Usaha jasa pengetikan naskah, yang dijalankan dengan memanfaatkan PC ataupun laptop yang telah dimiliki.
  • Usaha penjualan pulas, dengan menjadi member dari sebuah agen pulsa besar dan melakukan deposit dengan modal yang kecil.
  • Menjadi penulis artikel lepas, yang biasanya banyak ditawarkan oleh website ataupun situs portal pemberitaan dan lain sebagainya.
  • Menjalankan bisnis affiliate atau mengiklankan berbagai produk dari akun-akun sosial media ataupun situs yang dimiliki.

Semua bisnis diatas memang dapat Anda jalankan dengan mudah dan tanpa modal yang besar. Namun dalam menjalankan bisnis ini tetaplah perlu memperhatikan sistem managemen yang Anda jalankan, baik dalam bidang waktu ataupun managemen pendapatan. Aturlah waktu sedemikian rupa, agar Anda tetap dapat menjalankan bisnis, tanpa menganggu waktu kuliah ataupun pengerjaan berbagai tugas kuliah yang ada.

Sedangkan dari segi pendapatan, meskipun peluang usaha tersebut diatas, dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda. Namun tetaplah gunakan sistem pembukuan yang tepat, agar nantinya Anda dapat mengetahui cash flow dari berbagai pendapatan yang Anda peroleh. Jangan gunakan pendapatan yang Anda peroleh hanya untuk hal kesenangan semata, namun simpanlah pendapatan tersebut, agar nantinya dapat Anda gunakan sebagai modal usaha yang lebih besar bagi Anda.

Be the first to comment on "Peluang Usaha Modal Kecil Bagi Anda yang Masih Berstatus Mahasiswa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*