Peluang Usaha untuk Mahasiswa yang Ingin Mencoba Bisnis

Mahasiswa terutama untuk mahasiswa yang mempunyai jiwa bisnis biasanya tidak bisa berdiam diri dan tidak melakukan sesuatu untuk mendapatkan pendapatan sendiri. Karena tidak bisa dipungkiri, lingkungan kampus dan disekitar kampus merupakan ladang subur untuk dapat berwirausaha sehingga mahasiswa bisa untuk mencoba berbisnis dengan melakukan beberapa usaha yang bisa dijalaninya. Bukan bekerja part time tetapi mencoba berwirausaha sendiri dengan beberapa peluang usaha seperti berikut:

  • Jual camilan di kampus

Untuk jenis usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yang pertama adalah dengan menjual snack, camilan, atau jajan di lingkungan kampus. Ada banyak masyarakat yang melakukan hal ini karena memang ada pasarnya yaitu mahasiswa yang kuliah dan malas untuk pergi jajan di luar kampus. Selain itu mahasiswa juga suka ngemil dan daripada memesan makanan berat akan lebih baik untuk membeli camilan. Oleh karena itulah bisnis ini juga menjadi salah satu bisnis favorit yang dapat dilakukan mahasiswa. Jajan yang dijual tersebut bisa untuk ambil sendiri agar keuntungannya lebih banyak atau bisa untuk ambil di tempat orang dan tinggal menjual jajan tersebut. Berbagai jajan yang bisa dijajakan misalnya kue basah seperti donat dan juga gorengan dengan harga yang terjangkau.

  • Menyewakan peralatan gunung

Untuk peluang usaha selanjutnya yang membutuhkan sedikit modal adalah dapat untuk menyewakan peralatan gunung. Ada peralatan seperti carrier, sepatu gunung, senter, sb, matras, hingga tenda yang dapat disewakan ketika ada seseorang akan naik gunung. Hal tersebut menjadi salah satu peluang yang menguntungkan karena banyak mahasiswa yang hobi naik gunung di sela-sela kegiatan kuliah. Oleh karena itulah Anda bisa untuk memanfaatkan hal tersebut terutama bagi yang juga suka naik gunung atau ngecamp di pantai.

  • Membuka kafe

Peluang lainnya adalah dapat untuk membuka kafe tempat nongkrong untuk mahasiswa di lingkungan kampus yang dekat dengan kosan. Ada banyak sekali kafe yang ada di sekitar lingkungan kosan mahasiswa di daerah kampus sehingga hal tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa sendiri. Beberapa orang mahasiswa bisa untuk iuran misalnya untuk dapat menyewa tempat dan juga melakukan dekorasi di tempat tersebut agar menjadi kafe yang mempunyai tampilan bagus dan juga menyediakan minuman yang murah meriah agar menarik pelanggan datang.

  • Terima jasa terjemahan

Dan peluang usaha terakhir yang bisa dipilih untuk dapat dijadikan inspirasi adalah dengan membuka jasa terjemahan. Anda yang terutama merupakan seorang mahasiswa sastra bisa untuk menerima jasa terjemahan baik yang membutuhkan. Contohnya untuk menuliskan abstrak dalam skripsi, dan juga menerjemahkan buku. Hal tersebut selain menguntungkan juga mengasah kemampuan bahasa sendiri sehingga akan juga mampu membantu kuliah.

 

Be the first to comment on "Peluang Usaha untuk Mahasiswa yang Ingin Mencoba Bisnis"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*