Prinsip Dasar Menjalankan Bisnis Ritel

Retail atau eceran, merupakan salah satu usaha bisnis yang menjual sebuah produk secara langsung kepada konsumen terakhir ataupun pemakai produk tersebut. Dalam tatanan managemen penjualan, bisnis ritel merupakan bagian terakhir dalam penjualan, dimana pelaku bisnis ini berhadapan langsung dengan konsumen baik secara online maupun secara konvensional. Namun dalam prakteknya, para pelaku usaha ritel modern pun akan menjual produk mereka pada para pengecer yang lebih kecil, dimana pada umumnya produk yang dijual memang masih tergolong memiliki harga partai, sehingga dapat dijual kembali dengan harga ecer oleh para penjual eceran terkecil.

Untuk menjalankan usaha ritel ini, para pelakunya tidaklah dapat menjalankannya secara asal-asalan, mengingat tingginya angka penjualan produk ritel yang dijalankan oleh usaha lain yang sejenis. Persaingan dalam usaha inilah, yang kemudian mengharuskan kita mempelajari secara detail mengenai seluk beluk dalam usaha pengeceran barang ini. Pengetahuan penting mengenai sistem managemen sangatlah diperlukan, agar usaha ritel yang dijalankan nantinya dapat menghasilkan keuntungan dan tidak tergoyah kan karena hadirnya persaingan dari usaha yang serupa.

Berikut ini beberapa faktor dalam managemen yang penting untuk Anda perhatikan, agar bisnis ritel yang Anda jalankan dapat berjalan dengan lancar, yang antara lain adalah:

  • Tempat usaha, bagian ini merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan, pemilihan tempat usaha yang strategis dan mudah dicapai menjadi penting untuk diperhatikan, mengingat pada umumnya konsumen lebih menyukai untuk membeli barang pada tempat yang mudah dijangkau.
  • Harga, menentukan harga tetap dari penjualan sebuah barang akan menjadikan usaha yang anda jalankan lebih efektif, pastikan bahwa harga yang Anda jual kepada konsumen, memiliki range yang lebih rendah dari toko lain yang ada dikawasan yang sama. Gunakan prinsip laba kecil namun jumlah penjualan besar.
  • Pelayanan, sedapat mungkin berikan pelayanan yang prima kepada setiap konsumen yang berkunjung dan melakukan pembelian pada toko ritel yang Anda kelola, agar nantinya konsumen menjadi puas dan merekomendasikan toko Anda pada teman ataupun kerabat mereka.

baca Juga: Mengenal Lebih dalam Tentang Bisnis Ritel

Hal lain yang penting untuk diperhatikan dalam menjalankan usaha ritel adalah sistem promosi yang Anda berikan kepada calon konsumen. Jika Anda memasang promosi khusus mengenai produk dengan harga murah, pastikan bahwa Anda memberikan bahasa promosi yang jujur, agar nantinya konsumen tidak merasa tertipu dengan promosi yang anda berikan, sehingga membuat mereka enggan untuk berbelanja kembali di toko Anda.

Dalam menjalankan bisnis ritel ini, memang kita membutuhkan partner dalam menjalankannya. Oleh karena itu ketika Anda merekrut partner ataupun karyawan yang akan Anda pekerjakan, pastikan bahwa Anda merekrut orang yang tepat, yang dapat memberikan pelayanan yang prima kepada konsumen. Perekrutan orang yang tidak tepat, biasanya akan menyebabkan pelayanan kepada konsumen tidak optimal, sehingga menyebabkan mereka enggan untuk berbelanja kembali di toko Anda.

 

Be the first to comment on "Prinsip Dasar Menjalankan Bisnis Ritel"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*