Strategi Bisnis Terkini untuk Usaha Kecil Menengah yang Efektif

Bisnis usaha kecil menengah saat ini menjadi bisnis yang banyak dipilih oleh masyarakat yang disebabkan karena bisnis tersebut menggunakan modal yang kecil. Bisnis terkini membuktikan jika usaha kecil menengah tersebut tidak kalah dengan usaha yang dibangun dengan menggunakan omset yang besar karena UKM juga bisa memiliki omset yang tinggi. Namun, untuk bertahan dan bersaing dengan jenis usaha atau bisnis yang lebih besar maka dibutuhkan strategi yang tepat.

Pertama adalah produk yang unik. Salah satu hal yang membedakan antara produk dari produsen yang satu dengan yang lainnya adalah produk tersebut memiliki keunikan. Misalnya, walaupun produk yang dijual adalah baju namun baju yang Anda jual memiliki keunggulan seperti warna yang lebih berani dan cerah ceria dibandingkan dengan baju yang lainnya. Anda harus mampu untuk berfikir dan bertindak secara kreatif sehingga menghasilkan produk yang berbeda dari yang lainnya. Walaupun produk yang Anda miliki tersebut berbeda akan tetapi Anda harus memperhatikan juga mengenai kualitas dari produk tersebut sehingga tidak membuat konsumen kecewa telah membeli produk yang Anda tawarkan.

Kedua adalah dengan pendekatan ke konsumen. Sebagian besar usaha kecil menengah memulai usahanya secara konvensional dengan tujuan untuk memiliki pelanggan dan membangun kepercayaan secara langsung dari pelanggan. Anda bisa melakukan pendekatan dengan sikap yang lebih ramah, bercerita mengenai bisnis terkini yang sedang terjadi akhir-akhir ini dengan tujuan untuk menjadi ‘teman’ bagi pelanggan kemudian menawarkan dagangan, memberikan kontak sehingga pelanggan kapan saja bisa menghubungi Anda misalnya dengan memberikan kartu nama dan jangan lupa untuk terus melakukan follow up misalnya dengan menawari produk baru ke pelanggan.

Ketiga adalah dengan mengikuti pameran atau event seperti acara pengenalan UKM. Hal tersebut dilakukan tidak hanya untuk mengenalkan produk dan jenis UKM yang Anda bangun namun juga membantu untuk melihat kondisi pasar sehingga Anda bisa melihat perkembangan pasar dan menetapkan strategi yang tepat. Anda bisa membangun mini display saat Anda mengikuti event tersebut dan jangan lupa untuk menyiapkan brosur ataupun kartu nama yang bisa digunakan untuk mengenalkan UKM yang Anda bangun.

Bisnis terkini mengenai strategi yang tepat untuk UKM agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan bertahan serta bersaing dengan UKM dan bisnis yang lainnya yaitu memanfaatkan e-commerce untuk pemasaran produk. Anda tidak hanya bisa melakukan pemasaran dengan menggunakan cara konvensional yaitu menjualnya langsung ke pelanggan namun juga bisa secara online misalnya menggunakan media sosial. Saat Anda melakukan marketing Anda bisa menyiapkan bahan dan iklan yang sekiranya bisa menarik pelanggan. Misalnya dengan menyusun iklan yang diberi gambar serta tagline yang menjadi ciri khas dari UKM Anda dan kemudian mencetaknya atau membagikan nya dalam bentuk softcopy untuk marketing online.

 

Be the first to comment on "Strategi Bisnis Terkini untuk Usaha Kecil Menengah yang Efektif"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*