Sukses Bangun Bisnis Ritel dengan Tips dari Bos Wal Mart Berikut Ini

Bisnis ritel merupakan salah satu bisnis yang kini banyak digandrungi oleh masyarakat. Jika membicarakan tentang jenis bisnis ini, maka nama Wal Mart tentu akan menjadi nama besar di industri ritel dunia. Perusahaan yang berbasis di Amerika ini berdiri pertama kali di tahun 1962 oleh pengusaha Sam Walton. Saat pertama kali berkembang, bentuk dari Wal Mart ini hanya sebuah swalayan kecil dengan persediaan produk keseharian. Tetapi karena usaha keras dan keberanian Sam Walton, akhirnya kini Wal Mart bisa menjadi usaha ritel yang terbesar.

Perlu diketahui jika kekayaan perusahaan Wal Mart diperkirakan adalah senilai US$ 25 milyar di tahun 1992 saja. Jika angka sekarang, maka sudah pasti telah berkali lipat besarnya. Jika Anda juga sedang menekuni usaha ritel, maka berikut ini beberapa tips menjalankan usaha ritel dari sang bos besar Wal Mart, antara lain:

  • Utamakan komitmen bisnis

Rahasia yang pertama adalah dengan memegang komitmen untuk bisa menjalankan bisnisnya. Saat pertama kali Sam Walton menjalankan bisnis ini, Sam telah memiliki rasa cinta di bidang pekerjaan ini sehingga dari kecintaan tersebut bisa muncul loyalitas serta komitmen dalam mengembangkan bisnisnya dalam kondisi tersulit sekalipun. Hal ini juga yang harus Anda miliki sebagai pengusaha dengan mencintai profesi Anda.

  • Karyawan adalah mitra bisnis

Wal Mart bisa sangat maju seperti saat ini adalah lantaran tingginya standar pelayanan terhadap konsumennya. Para pekerja selalu bisa bekerja secara maksimal tanpa mengecewakan pelanggan. Karyawan yang loyal ini tidak begitu saja bisa didapatkan, namun karena Sam Walton menganggap mereka sebagai mitra berbisnis, bukan hanya sebagai bawahan semata. Sam Walton bahkan memberikan pembagian saham sampai bekal untuk pensiun untuk setiap karyawannya sehingga kesejahteraan mereka terjaga dan loyalitas pun didapatkan.

  • Utamakan kepuasan konsumen

Pembeli adalah raja sehingga kepuasan mereka adalah yang utama. Cabang bisnis ritel Wal Mart ini saat ini ada di 15 negara dan setiap cabangnya memberlakukan standar yang sama yaitu mengutamakan kepuasan dari para pelanggan. Untuk menunjang kepuasan para pembeli, maka Wal Mart tak segan memberikan diskon, bonus hingga kualitas produk yang semuanya bagus.

  • Perhatikan biaya keluar

Jangan anggap remeh biaya keluar meski nominalnya kecil sekalipun. Biaya itulah yang menjadi fokus utama dari sang bos Wal Mart ini sehingga setiap tahun Wal Mart mendapatkan keuntungan dari ketelitiannya.

Itulah beberapa tips dalam menjalankan bisnis ritel dari sang raja ritel, Sam Walton pemilik Wal Mart. Anda pun bisa meniru tips beliau dalam menjalankan usahanya demi mengikuti kesuksesannya memiliki perusahaan ritel yang terbesar.

 

 

Be the first to comment on "Sukses Bangun Bisnis Ritel dengan Tips dari Bos Wal Mart Berikut Ini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*