Tips Bisnis Agar Panjang Umur dan Terus Berkembang

Berdasarkan survei, 40% pebisnis pemula tidak bis bertahan di tahun pertama. Sedangkan 60% lainnya, 80% habis di tahun kelima dan hanya sisanya yang bertahan hingga 10 tahun ke depan. Melihat presentase ini, Anda bisa melihat kembali jika memang membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah dan justru sangat sulit. Terbukti dari 10 orang saja, 4 orang akan gagal di tahun pertama bisnisnya jika berdasar survey tersebut. Untuk itu, Anda butuh tips bisnis sehingga bisa bertahan hingga panjang.

Bisnis jangka panjang dapat menjadi tolak ukur keseriusan dalam berbisnis. Sebetulnya pebisnis yang gagal di awal tersebut bukan hanya dari faktor pasaran yang tidak membutuhkan produknya, namun ada kemungkinan jika kurangnya kreativitas dan faktor lainnya dari internal. Untuk itu, jika Anda akan atau mungkin sudah memulai bisnis, pastikan agar bisnis tersebut untuk orientasi jangka panjang sehingga kerajaan bisnis Anda bisa menyokong keuangan Anda hingga seterusnya. Berikut ini beberapa tips agar bisnis bisa bertahan jangka panjang, antara lain:

  • Pikirkan hal tak terduga

Sebagai seorang yang terjun dalam bidang bisnis, Anda harus mampu memikirkan segala kemungkinan yang ada nantinya yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Upayakan juga untuk berfikir ketika ada hal tak terduga terjadi nantinya sehingga Anda bisa memikirkan solusi jauh-jauh hari. permasalahan semacam ini akan banyak muncul di tahun-tahun pertama berjalannya bisnis sehingga Anda pun harus kreatif dalam berjaga-jaga terkait solusinya.

  • Melihat pesaing

Selanjutnya adalah selalu aktif dalam melihat aktivitas dari para pesaing Anda. Tips bisnis yang satu ini akan sangat penting untuk jangka panjang kelangsungan bisnis Anda. Hal ini lantaran pesaing untuk produk jualan Anda semakin hari akan semakin meningkat sehingga Anda juga perlu tahu produk pesaing beserta kelebihan dan kelemahannya, strategi bisnisnya dan lain sebagainya. Hal ini demi menjadi komparasi untuk bisnis Anda ke depan karena bisa sewaktu-waktu terancam karena keberadaan mereka.

Baca Juga: Tips Bisnis Sukses Meski Masih Berstatus Karyawan

  • Marketing online

Hampir semua lini penjualan kini sudah berubah orientasinya yang semula dari offline menuju online. Dalam hal ini Anda juga perlu membuka diri dan mulai mempersiapkan diri untuk menjadikan teknologi menguntungkan untuk bisnis Anda tersebut. Manfaatkan sosial media dan lain sebagainya untuk ladang jualan dan promosi Anda demi meningkatkan penjualan.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk bisa membuat bisnis Anda bertahan lama. Tips bisnis tersebut akan lebih berhasil jika dilakukan dengan kerja keras dan usaha cerdas. Jangan menyerah meskipun Anda dalam kondisi terburuk sekalipun karena di balik kondisi terburuk itu selalu ada jalan keluar yang tidak terduga.

 

Be the first to comment on "Tips Bisnis Agar Panjang Umur dan Terus Berkembang"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*