Tips Bisnis Bagi Para Wirausahawan Muda

Berwirausaha menjadi pilihan yang kini banyak dilakukan oleh masyarakat mengingat lapangan kerja yang semakin sempit padahal jumlah penduduk yang semakin besar. Dengan berwirausaha berbagai kalangan masyarakat justru bisa mencari penghasilan dengan ide dan kreatifitasnya sendiri tanpa ada batasan penghasilan. Para generasi muda pun tak mau kalah dengan para seniornya dalam membuka berbagai bisnis baik di bidang kuliner, perdagangan, otomotif, hobi dan sebagainya. Banyaknya para wirausahawan muda ini menjadi angin segar bagi para konsumen karena umumnya mereka lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan bisnis. Jika Anda adalah seorang calon wirausahawan baru, beberapa tips bisnis ini juga bisa Anda lakukan dalam memulai bisnis Anda agar bisa bersaing dengan wirausahawan lainnya.

Bagi Anda para wirausahawan muda yang ingin membuka bisnis baru namun belum tahu bisnis di bidang apa yang sedang berkembang saat ini, maka mempertimbangkan untuk membuka bisnis di bidang teknologi dan kuliner bisa dijadikan rekomendasi. Saat ini perkembangan teknologi sangat cepat dan dibutuhkan banyak orang. Jika Anda memiliki kemampuan dan keahlian di bidang tersebut maka tak ada salahnya membuka bisnis di bidang IT seperti:

  • Persewaan proyektor.
  • Game online.
  • Warnet.
  • Design grafis.
  • Dsb.

Selain di bidang IT, membuka bisnis di bidang kuliner juga sangat layak dilakukan saat ini mengingat kuliner adalah bidang yang tak pernah tidak dibutuhkan. Apalagi jika Anda bisa membuat tempat makan dan nongkrong yang nyaman dengan dukungan teknologi seperti film layar lebar, wifi dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa tips bisnis jika Anda ingin membuka bisnis di bidang kuliner

  • Tambahkan fasilitas Wi-Fi, speaker, atau layar lebar.
  • Jika memungkinkan pisahkan area lesehan dengan meja kursi.
  • Sediakan kamar mandi dan wastafel bersih.
  • Buatlah menu-menu yang unik, original dan pastinya lezat.
  • Harga dibuat bersaing sehingga menjangkau banyak lapisan masyarakat.

Selain hal-hal tersebut di atas, ada tips lain yang bisa Anda lakukan yaitu bekerjasama dengan jasa pengiriman online atau jasa transportasi online sehingga makanan yang Anda jual dapat diantara dan dikirimkan ke pembeli tanpa Anda perlu repot-repot untuk menyediakan fasilitas delivery. Jika bisnis kuliner Anda sudah besar maka menyediakan menu nasi kotak atau nasi bungkus untuk keperluan catering bisa dipertimbangkan.

Itulah beberapa tips bisnis bagi Anda yang ingin membuka bisnis sebagai wirausahawan muda. Membentuk bisnis dari 0 menjadikan Anda seorang pebisnis yang ulet, tidak mudah menyerah sehingga memiliki pengalaman tersendiri yang berguna untuk Anda dalam menjaga peluang bisnis. Dengan memiliki bisnis sendiri Anda juga terlepas dari kewajiban menjadi bawahan orang lain yang memiliki penghasilan terbatas dan waktu kerja yang tidak fleksibel.

 

 

 

Be the first to comment on "Tips Bisnis Bagi Para Wirausahawan Muda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*