Tips Bisnis Fashion Ala Luna Maya

Tidak hanya dikenal sebagai artis yang bermain di berbagai sinetron dan film, Luna Maya akhir-akhir ini juga dikenal sebagai pebisnis yang terjun di bidang fashion. Artis yang juga berbakat sebagai host atau presenter ini memiliki brand sendiri dan sepertinya semakin fokus untuk membesarkan brand Luna Habit yang didirikan dan dijalankannya. Saat ini, Luna Habis terus melebarkan sayap bisnisnya. Bisnis yang semula hanya dijual secara online kini juga dipajang di berbagai gerai dan retail terkemuka seperti mall dan pusat pakain ternama. Meski mengaku pernah rugi hingga ratusan juta, Luna Maya termasuk sukses dalam merintis kariernya sebagai pebisnis. Berikut ini adalah tips bisnis fashion ala Luna Maya yang dikemukakannya dalam berbagai wawancara dengan media.

Riset dengan Google

Luna Maya mengaku bahwa riset merupakan kunci dalam menjalankan bisnis. Luna selalu mencari informasi mengenai kecenderungan masyarakat dalam memilih dan mengikuti trend busana terbaru. Dan google merupakan mesin pencarian yang diandalkan Luna dalam melakukan riset tersebut, sebab melakukan riset dengan bantuan google akan lebih mudah dan cepat. “Saya riset, cari apa aja di google. Bahkan cari supplier juga dari google. Om google (memberikan info) banyak,” ujar Luna. Melalui google lah Luna mencari supplier dan konveksi yang bisa diajak berkerja sama. Terlepas dari apapun media yang dipilih, riset merupakan hal paling utama yang harus dilakukan pebisnia agar memiliki pandangan akan dibawa ke mana arah bisnisnya ke depan.

Promosi

Setelah melakukan riset, tips bisnis selanjutnya dari Luna adalah fokus pada kegiatan promosi. Hal pertama yang dilakukannya terkait dengan promosi adalah mencari media paling tepat. Media sosial seperti instagram dipilih Luna untuk melakukan promosi. Selain media, Luna juga memanfaatkan endorse dari teman-teman dekatnya sesama artis. Luna membagi-bagikan pakaian produksinya sendiri kepada rekannya sesama artis untuk mereka kenakan, sehingga secara tidak langsung rekan artis tersebut telah memperkenalkan pakaian produksi Luna ke publik. Selain artis, Luna juga menggunakan jasa blogger dan pengguna media sosial yang sedang naik daun, seperti selebgram atau selebtwit. “Cari teman yang foro, atau cari blogger yang sedang naik daun. Semua proses dibuat gampang, asalkan mereka mau diajak kerja sama,” ujar Luna.

Kecintaan atau Passion

Bagi Luna Maya, modal terpenting dalam membangun sebuah bisnis bukanlah uang, melainkan passion atau kecintaan dan rasa senang terhadap dunia usaha yang digelutinya. Jika sudah senang terhadap bidang yang digelutinya, seseorang tidak akan pernah mesara lelah apalagi bosan. Hal tersebut merupakan modal yang sangat penting yang membuat orang akan lebih gigih dalam menjalankan bisnisnya.

Selain kecintaan, daya saing juga harus dimiliki oleh setiap pebisnis. Persaingan di dunia bisnis, khususnya bisnis fashion sangatlah berat. Oleh sebab itu, Luna memberikan tips bisnis untuk meningkatkan kualitas produksinya. Jika produknya bagus, maka pasti akan mampu bersaing.

Be the first to comment on "Tips Bisnis Fashion Ala Luna Maya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*