Tips Bisnis Islami ala Ustadz Yusuf Mansyur

Sukses di dunia bisnis merupakan impian banyak orang. Selain menghasilkan banyak uang, sukses di bidang bisnis akan menaikkan gengsi seseorang di mata masyarakat. Buktinya, banyak pengusaha sukses yang dikagumi oleh pebisnis pemula dan tidak jarang di antara pebisnis sukses tersebut yang dijadikan panutan. Bisnis atau berdagang memang merupakan pekerjaan yang mulia, dengan catatan bisnis tersebut dirintis dan dilakukan dengan nilai-nilai kejujuran. Bahkan berbisnis merupakan sunnah Rasulullah Saw. sebab Rasulullah Saw. pun semasa hidupnya dikenal sebagai pedagang yang jujur. Untuk menjadi pebisnis yang sukses, banyak sekali kiat-kiatnya. Yusuf Mansyur, salah satu Ustadz yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia memaparkan tips bisnis secara Islami yang patut kita terapkan agar bisnis kita dapat berjalan sukses.

Berbeda dengan kebanyakan pebisnis lainnya, Ustadz Yusuf mansyur menawarkan tips bisnis yang mengandung nilai-nilar ajaran Islam. Kiat-kiat berbisnis sebagaimana dikemukakan Ustadz Yusuf Mansyur lebih banyak berkutat di tataran yang berkaitan dengan amalan. Sebagai contoh, Ustadz Yusuf Mansyur menyarankan agar siapapun yang ingin berkecimpung di dunia bisnis, hendaknya melakukan riyadhah selama 40 hari. Riyadhah berarti menata hati dan menata kehidupannya kembali sesuai dengan tuntunan Islam, yaitu dengan mematuhi segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Ketika proses riyadhah tersebut, kita dianjurkan banyak melakukan ibadah-ibadah sunnah di luar ibadah wajib, seperti misalnya banyak berdzikir, shalat malam, dll. Setelah melakukan riyadhah selama 40 hari, maka Allah Swt. akan membukakan pintuh Rahmat-Nya, sehingga ketika kita akan memulai suatu usaha atau bisnis, kita memulainya dengan hati dan pikiran yang jernih.

Baca Juga : Tips Bisnis Online untuk Pemula

Kiat sukses berbisnis selanjutnya yang dipaparkan oleh Ustadz Yusuf Mansyur agar bisnis kita dapat berjalan sukses adalah dengan cara memberi banyak sedekah. Allah Swt, berfirman di dalam Alquran bahwa orang yang rajin dan ikhlas bersedekah maka rizqinya akan dilipatgandakan. Orang yang bersedekah tidak akan rugi, dan tidak pernah ada ceritanya orang jatuh miskin karena rajin bersedekah. Justru sebaliknya, banyak cerita orang-orang yang sukses karena rajin memberi sedekah.

Selain rajin memberi sedekah kepada orang lain, doa merupakan unsur yang paling penting agar usaha kita menjadi sukses. Menurut Ustadz Yusuf Mansyur, baik orang pandai atau orang bodoh, baik orang kaya atau orang miskin, semuanya pasti mampu untuk berdoa. Doa merupakan salah satu kunci dalam membuka pintu Rahmat dan rejeki.

Kunci sukses bisnis selanjutnya yang diutarakan oleh Ustadz Yusuf Mansyur adalah menghormati Ibu dan meminta ridho Ibu dalam setiap langkah kita dalam membangun suatu usaha. Ridho Allah berada dalam ridho seorang Ibu. Jika Ibu kita ridho atas usaha atau bisnis yang kita lakukan, maka Allah akan meridhoi usaha kita. Mendoakan Ibu juga merupakan amalan yang harus kita lakukan secara terus-menerus agar usaha kita menjadi berkah. Itulah beberapa tips bisnis secara Islami yang dipaparkan oleh Ustadz Yusuf Mansyur.

Be the first to comment on "Tips Bisnis Islami ala Ustadz Yusuf Mansyur"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*