Tips Bisnis Online untuk Pemula

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, kini semakin banyak pengusaha yang melirik bisnis berbasis online, terutama pebisnis pemula. Bisnis online menjadi pilihan yang sangat masuk akal bagi pebisnis pemula sebab dalam bisnis online, kita tidak perlu membayar mahal untuk menyewa tempat untuk dijadikan toko atau lapak jualan. Produk yang akan kita jual cukup didisplay di lapak-lapak online, sehingga modal yang diperlukan relatif lebih kecil dibanding dengan bisnis offline. Meski bisnis online cenderung lebih sederhana dan terkesan lebih mudah dibandingkan dengan bisnis-bisnis lain di luar sana, namun melakukan bisnis tidak bisa dilakukan dengan serampangan. Berikut ini adalah tips bisnis online untuk pemula agar bisnis yang dirintisnya dapat berjalan seusai dengan harapan.

Pada dasarnya, semua model bisnis memerlukan kunci utama dan modal dasar paling penting, yaitu kerja keras dan keseriusan. Baik bisnis online maupun bisnis-bisnis model lainnya, harus dijalankan dengan kerja keras dan usaha sepenuh hati. Meski katakanlah bisnis online yang kita rintis hanya kita jadikan sebagai sambilan untuk mengisi waktu luang di antara kesibukan lainnya, bisnis online tetap harus dijalankan dengan serius dan kerja keras. Menjalankan bisnis online juga memerlukan keseriusan, tidak boleh dilakukan sesuka hati. Ketika kita memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, berarti kita harus menempa diri kita untuk mau bekerja keras.

Setelah modal dasar tersebut kita miliki, kita mulai harus memikirkan cara-cara terbaik agar bisnis online kita ramai oleh pembeli. Tips bisnis online pertama yang harus dilakukan adalah memperbaiki tampilan lapak online yang kita miliki. Sebagaimana toko offline di dunia nyata, lapak online di dunia maya harus kita tata sebaik mungkin untuk menarik perhatian para calon pembeli. Buatlah situs jualan kita menjadi menarik, tampilan yang sederhana namun bersahaja dan tidak membuat sakit mata. Lapak online yang kita miliki juga harus mudah diakses, jangan sampai membuat pengunjung situs jualan kita (calon pembeli) kebingungan.

Baca Juga: Bisnis Kreatif Perlengkapan Bayi

Cara yang efektif ketika akan menata lapak adalah menyusun barang dagangan kita sesuai dengan kategori. Seumpama kita jualan buku online, maka kita harus memilah antara buku sastra, buku sejarah, buku pelajaran, dll. di tautan masing-masing. Katalog yang tidak tertata dan berantakan akan membuat calon pembeli akan malas melihat tampilan lapak online kita. Berilah keterangan yang lengkap tentang barang dagangan kita, mulai dari jenis barang, ukuran, warna, kondisi, dan harga dengan jelas. Jangan lupa sertakan foto yang jelas dan menarik dari setiap barang yang kita jual di lapak online. Foto yang kita pajang di lapak online kita haruslah foto asli dari barang yang akan kita jual.

Itulah beberapa tips bisnis online bagi pemula. Selain tips-tips yang telah disebutkan di atas, jangan lupa untuk rajin memasarkan lapak kita di media sosial agar lapak online kita sering dikunjungi orang. Semakin lapak online kita dikunjungi orang, maka lapak online kita akan semakin dikenal, dan hal itu akan berdampak baik bagi penjualan bisnis kita.

 

Be the first to comment on "Tips Bisnis Online untuk Pemula"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*