Tips Membangun Bisnis Terpercaya di Bidang Perdagangan

Berkecimpung di dunia perdagangan selain modal berupa barang dagangan dan keuletan juga harus memiliki hal lainnya sebagai modal. Modal tersebut adalah kepercayaan dari pelanggan. Namun kepercayaan bukan merupakan hal yang bisa didapat secara instan. Diperlukan effort, kesungguhan dan pelayanan prima agar para pelanggan lama hingga pelanggan baru merasa percaya dalam melakukan bisnis perdagangan dengan Anda. karenanya membangun bisnis terpercaya terutama dalam bidang perdagangan tidak bisa dilakukan dalam waktu satu atau dua tahun untuk bisa melihat hasilnya.

Kepercayaan pelanggan merupakan sebuah modal serta investasi jangka panjang yang bisa dikatakan murah namun bisa dikatakan juga mahal. Seorang pelanggan yang puas akan produk dan pelayanan Anda akan menjadi sarana promosi gratis selamanya sehingga Anda akan bisa mendapatkan manfaat dari kepuasan tersebut berupa pelanggan-pelanggan lain yang datang atas informasi darinya. Namun pelanggan juga bisa menjadi sarana promosi yang mahal apabila ada kekecewaan terhadap produk atau pelayanan Anda. Usahakan untuk memberikan pilihan ganti rugi misalnya retur atau ganti barang jika memang kesalahan ada di pihak Anda. Jangan sampai pelanggan merasa kecewa karena tidak ada tindak lanjut dari Anda sebagai supplier.

Selain konsisten dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, membangun bisnis terpercaya juga dapat dimulai dengan melakukan berbagai hal kecil sejak awal mula dibangunnya bisnis seperti:

Ada banyak segala macam bisnis di www.infobisnismenarik.com, silahkan baca

  • Memberikan garansi baik resmi dari supplier barang yang diperdagangkan ataupun dari distributor yaitu Anda.
  • Memberikan nomor telepon yang bisa dihubungi customer.
  • Memberikan nota pembelian pada pembelian apapun.
  • Menerbitkan faktur pajak.
  • Hanya menjual produk-produk asli sesuai dengan merknya.
  • Memberikan feedback secara positif kepada pelanggan.

Jika Anda fokus dalam berusaha memberikan produk yang baik serta pelayanan yang prima pada customer maka hasilnya akan bisa diperoleh dalam waktu yang panjang. Banyak pedagang yang menginginkan untung dengan cepat sehingga menggunakan berbagai cara untuk menjual produk dagangannya dengan keuntungan setinggi-tingginya. Kepuasan pelanggan menjadi tidak ditanggapi dengan baik asalkan barang dagangannya terjual. Hal tersebut memang bisa mendatangkan laba yang besar dan cepat namun nama toko atau distributor Anda tidak akan dipercaya sehingga pelanggan banyak yang lari untuk membeli di tempat yang lain.

Membangun sebuah bisnis terpercaya juga harus dicapai dari hubungan Anda dengan supplier. Kelancaran pembayaran menjadi salah satu faktor utama untuk distributor Anda mendapatkan kepercayaan dari supplier. Jika Anda tidak memiliki tunggakan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, maka bukan tak mungkin supplier akan mempercayakan produknya hanya kepada distributor milik Anda sehingga bisa disesuaikan harga dan target pasarnya dengan lebih leluasa. Kepercayaan adalah modal yang utama baik bagi supplier maupun konsumen dalam melakukan transaksi bisnis sehingga harus terus dijaga dan dikembangkan.

 

 

 

Be the first to comment on "Tips Membangun Bisnis Terpercaya di Bidang Perdagangan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*