Tips Memilih Jasa Konsultan Bisnis Terpercaya

Bagi para pelaku bisnis yang ingin menjalankan usahanya, tak sedikit yang menyewa jasa konsultan untuk bisa memberikan masukan atau nasihat bisnis agar usaha yang dijalani maju. Akan tetapi jangan sembarangan dalam memilih konsultan bisnis, berikut ini adalah tips memilih jasa konsultan bisnis terpercaya:

  1. Informasi Penyedia Jasa

Ada banyak penyedia jasa konsultan di Indonesia, oleh karena itu dalam memilihnya haruslah jeli. Untuk itu, tak ada salahnya untuk bertanya pada orang lain seperti saudara, sahabat, atau rekan bisnis yang pernah menggunakan jasa konsultan dan bagaimana testimoni mereka terhadap jasa konsultan terpercaya tersebut. Selain itu, pilih perusahaan konsultan yang memiliki reputasi terpercaya dan bukan abal-abal.

  1. Pilih Konsultan yang Berpengalaman, Ahli, dan Kompeten

Untuk memilih konsultan sebaiknya pilih yang memiliki tiga kriteria, yaitu berpengalaman, ahli, dan kompeten. Selain itu, pilih konsultan yang memang sesuai dengan bidangnya agar segala permasalahan bisa dikuasainya dengan baik dan bisa memberikan masukan yang tepat.

  1. Cek Portofolio

Ketika mencari jasa konsultan bisnis terpercaya, jangan lupa untuk membeli portofolio penyedia jasa konsultan sebagai tambahan referensi. Cari tahu mengenai rekam jejak konsultan bisnis tersebut apakah sesuai dengan kriteria yang kita cari ataukah tidak.

  1. Berbicara dengan Calon Konsultan

Setelah mendapatkan beberapa calon konsultan yang bisa dipilih, maka saatnya untuk berbicara langsung dengan calon konsultan tersebut. Hal ini bertujuan untuk menentukan mana konsultan yang sesuai dengan keinginan.

  1. Pastikan dengan Siapa Anda Bekerja

Beberapa perusahaan penyedia konsultan mempunyai tim yang terdiri dari orang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangatlah penting mengetahui siapa saja orang yang bekerja sama dengan kita. Jangan sampai kita belum mengenal konsultan yang bekerja sama dengan kita.

  1. Pilih Konsultan dengan Legalitas Jelas

Pilih konsultan yang mempunyai legalitas yang jelas serta bernaung di perusahaan yang mempunyai legalitas lengkap. Hal ini berpengaruh pada kredibilitas dari konsultan tersebut. Apabila suatu hari konsultan tidak bekerja dengan baik, maka kita dapat meminta pertanggungjawaban pada perusahaan yang menaunginya.

  1. Aftersale Service

Konsultan bisnis yang memiliki tanggung jawab tinggi biasanya akan memberikan garansi atau layanan purna jual yang berbentuk monitoring atau audit berkala. Hal ini sangat penting dan sebaiknya kita memilih konsultan yang menyediakan pelayanan ini.

  1. Harga dan Pelayanan

Harga konsultan biasanya sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Apabila menginginkan konsultan yang berkompeten, maka harga yang dipatok tentunya akan tinggi. Meski begitu, jika memang memiliki budget yang tak banyak, tak ada salahnya juga untuk memilih konsultan bertarif rendah, akan tetapi tetap harus diketahui pengalaman kerja dan kompetensnya.

Itulah beberapa tips untuk memilih jasa konsultan bisnis terpercaya. Memilih konsultan bisnis memang tidaklah mudah dan jangan lupa untuk menyediakan budget khusus jika ingin menyewa jasa seorang konsultan bisnis.

Be the first to comment on "Tips Memilih Jasa Konsultan Bisnis Terpercaya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*