Tips Mencari Peluang Usaha Potensial di Sekitar Kita

Terkadang memang tak mudah dalam mendapatkan peluang usaha. Ada berbagai alasan yang sering terpikirkan yang lantas membuat kita tak kunjung memulainya. Mulai dari masalah ketersediaan modal, takut akan kegagalan, tak memiliki keterampilan hingga bingung memilih usaha apa yang akan dikerjakan. Jika kita memang kita mengalami kesulitan dalam memilih usaha yang hendak dijalankan, ada baiknya jika kita mulai mencari peluang di sekitar kita terlebih dahulu, sebelum kita berpikir untuk mencari kemana-mana. Berikut ini tips-tipsnya:

  • Amati usaha yang berpotensi.

Anda bisa memulainya dengan mengamati lingkungan yang ada di sekitar kita untuk mengetahui peluang seperti apa yang sekiranya berpotensi untuk dikembangkan di daerah Anda tersebut. Misal ada warung ayam bakar yang awalnya hanya penjaja kecil-kecilan, bisa sampai membuka rumah makan besar. Itu artinya bahwa usaha rumah makan atau kuliner cukup potensial dan layak untuk dijalankan di wilayah tersebut. Tentu dengan konsep atau jenis makanan yang berbeda dan lain daripada yang lain. Jangan lupa amati juga usaha yang berhasil bertahan dan yang tidak bertahan.

  • Menganalisa kebutuhan yang paling diperlukan.

Dengan keseharian Anda berada di wilayah yang Anda tinggali, tentu tidaklah sulit untuk mengamati keperluan apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah tersebut. Sehingga bisa didapatkan peluang usaha yang cukup potensial. Misalkan jika di daerah tersebut dekat dengan banyak sekolahan maka yang dibutuhkan biasanya adalah fotocopy, toko buku, penjaja makanan, counter, warung makan dan sebagainya. Atau di wilayah perumahan yang mana jauh dari pasar tradisional atau bahkan supermarket, toko kelontong dan minimarket bisa jadi usaha yang tepat.

ada banyak peluang usaha yang bisa kita manfaatkan, lihat selengkapnya di www.infobisnismenarik.com

  • Manfaatkan usaha yang sudah ada.

Selain dengan membuka usaha yang belum ada di daerah Anda, Anda juga bisa memanfaatkan usaha yang sudah berjalan di daerah Anda. Misalkan kita menjalin hubungan dengan cara menjadi supplier produk makanan olahan atau barang lainnya. Misal dengan menitipkannya pada warung atau toko kelontong yang ada di sekitar kita. Atau bisa disebut dengan sistem konsinyasi yang mana biasanya ada sistem bagi hasil antara si penjual dan si pemasok.

  • Coba usaha yang paling minim modal terlebih dahulu.

Modal seringkali jadi permasalahan utama bagi orang-orang yang hendak berwirausaha. Memang ada benarnya bahwa modal merupakan landasan memulai usaha, namun jika Anda terlalu memikirkan bagaimana caranya mendapatkan modal maka rencana usaha Anda bisa saja tak kunjung terlaksana. Solusinya, cobalah peluang usaha yang paling minim modalnya yang bisa Anda ambil dari tabungan Anda sendiri. Usaha dengan modal minim atau usaha kecil-kecilan bukan berarti tidak dapat berkembang. Setelah dirasa mendapat sambutan baik dari masyarakat, barulah Anda bisa mencoba meminjam modal di lembaga keuangan terpercaya untuk mengembangkan usaha Anda.

 

Be the first to comment on "Tips Mencari Peluang Usaha Potensial di Sekitar Kita"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*