Tips Peluang Sukses Menjual Sembako

Bisnis yang satu ini tidak akan pernah sepi pembeli, karena semua orang membutuhkannya. Kebutuhan orang akan sembako tidak akan pernah berubah walaupun banyak bisnis yang menarik, bisnis ini tetap akan ramai pembeli. Itu sebabnya peluang sukses bisa Anda dapatkan jika menjalankan bisnis ini.

Menjalankan bisnis sembako bisa lebih menghemat modal dengan cara menjalankannya di rumah, jadi Anda tidak perlu menyewa tempat atau toko. Anda bisa memanfaatkan ruangan kosong yang ada dirumah. Selain itu menjalankan bisnis ini tidak memerlukan keahlian khusus. Karena modal Anda hanyalah stok barang yang tersedia dan pelayanan yang memuaskan.

Nah, bagi pembaca yang tertarik menjalankan bisnis sembako ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar peluang sukses terbuka dengan lebar, yaitu:

Ruangan Untuk Usaha

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, jika Anda memulai usaha jualan sembako dengan modal kecil, bisa memanfaatkan ruangan di rumah Anda. Pilih ruangan yang mudah dijangkau oleh pembeli, seperti: di garasi atau ruangan depan yang mudah dimasuki orang tanpa harus masuk ke dalam rumah.

Peralatan usaha

Menjalankan usaha jualan sembako membutuhkan peralatan yang sederhana, seperti: etalase, timbangan, kalkulator, toples untuk menaruh sesuatu, peralatan ATK dsb.

Baca Juga: Tips Sukses Usaha Grosir Baju Laris

Barang Yang Akan Dijual

Ada banyak jenis bahan-bahan sembako. Jika budget Anda terbatas, caranya bisa pilih satu atau dua jenis barang sembako yang sekiranya paling banyak dibutuhkan. Untuk mengetahui hal tersebut lakukan analisis pasar terlebih dulu. Untuk menghemat biaya cari supplier yang menawarkan harga kulakan yang lebih murah.

Kondisi Tempat Berjualan

Buat tempat berjualan senyaman dan semenarik mungkin. Perhatikan kebersihan dan kerapihan warung tempat berjualan. Tata dengan rapih agar pembeli nyaman saat melihat dan memilih produk yang Anda jual. Selalu cek ketersediaan barang, jangan sampai ada barang yang kosong karena Anda lupa mengeceknya.

Menentukan Harga

Warung sembako umumnya menawarkan berbagai macam barang yang dijual. Tentu saja setiap barang harganya berbeda-beda. Namun ada beberapa jensi produk yang harganya selalu sama atau stabil, seperti: sabun, odol shampoo dsb. Namun ada beberapa jenis barang yang sering mengalami perubahan harga seperti: beras, telur, minyak dsb. Oleh karena itu menjalankan bisnis ini harus mengetahui kabar terbaru harga barang di pasaran.

Memberikan Pelayanan Yang Baik

Pelayanan yang memuaskan merupakan cara efektif meningkatkan penjualan. Jika pembeli merasa dilayani dengan baik mereka akan kembali lagi untuk membeli kebutuhannya. Bahkan bisa jadi mereka menjadi pembeli tetap dan mempromosikan tempat usaha Anda kepada teman atau saudaranya.

Itulah tips yang harus Anda perhatikan jika akan terjun ke dunia bisnis jualan sembako. Kunci mendapatkan peluang sukses menjalankan bisnis ini adalah ketekunan dan disiplin dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran.

Be the first to comment on "Tips Peluang Sukses Menjual Sembako"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*