Tips Pilih Usaha Rumahan Waralaba dengan Baik

Sekarang ini seseorang mudah membuat usaha rumahan waralaba hanya untuk mendulang uang., banyak dari mereka yang menjadikan pembeli waralaba sebagai sapi perahan. Maintenance yang parah hingga akhirnya kekecewaan pun akan diterima, entah dari mitra atau pun dari pusat. Sebetulnya mencari usaha waralaba memang tidak mudah, apalagi jika kita hanya memiliki modal yang kecil. Jangan berharap dapat untung besar. Semuanya tetap terdapat resiko yang harus dihadapi, namun setidaknya ada cara untuk memilih usaha yang baik.

Memilih usaha yang akan dijalankan dan dibeli tidak sama seperti pembelian barang elektronik yang memiliki garansi ganti saat rusak. Dari awal saat akan membeli waralaba kita harus memperhatikan hal yang menandakan jika waralaba ini sudah teruji. Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda tanyakan ketik memilih waralaba. Pertama, usia ideal waralaba. Dengan begitu banyaknya bisnis waralaba yang muncul, sudah pasti akan sulit memilih waralaba yang memiliki ketahanan yang bagus. Usia ideal mengukur ketahanan bisnis ini sebetulnya tidak ada, tetapi yang paling disarankan adalah 5 tahun. Usia 5 tahun dianggap lebih ideal.

Kedua, apakah usaha rumahan waralaba ini legal? Berapa besar modalnya? Tidak ada orang yang ingin memiliki masalah dengan hukum, oleh sebab itu dari awal Anda harus memastikan jika usaha waralaba yang ingin Anda beli telah memiliki ijin usaha. Ada banyak bisnis waralaba yang gulung tikar. Untuk sistem modal, ciri bisnis waralaba yang bagus adalah memiliki modal besar. Terlepas dari ketahanan bisnis tersebut. Anda dapat mencari informasi mengenai beberapa cabang yang berhasil di buka dalam waktu yang cukup singkat. Jika ternyata umurnya belum besar, dan mereka dapat membuka banyak cabang, ini dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Ketiga, biaya pembelian yang dibutuhkan. Hal ini harus Anda ingat karena biaya waralaba tidak bisa dikembalikan. Rentang biaya biasanya juga bervariasi, mulai dari jutaan, belasan juta, puluhan juta hingga ratusan juta. Bahkan, ada yang bisa mencapai milyaran. Biaya waralaba ini juga meliputi pembayaran royalti. Anda bisa melihat kembali perjanjiannya, apakah waralaba harus membayar royalti. Untuk biaya pembelian ini sebetulnya juga menyesuaikan dengan kemampuan Anda.

Terakhir, apakah usaha rumahan waralaba ini cocok di dekat rumah Anda? lokasi usaha memang begitu berpengaruh pada tingkat keberhasilan menjalankan waralaba. Tetapi bukan hanya sampai di sana, lokasi yang ramai pengunjung tidak selalu menandakan jika waralaba dapat sukses. Kita harus melihat apakah produk waralaba yang dijual bisa diterima di masyarakat sekitar kita, jadi bukan hanya mencari lokasi yang ramai pengunjung, namun mencari lokasi yang bisa menyesuaikan produk yang dijual. Di atas merupakan cara memilih waralaba yang bisa Anda terapkan, apalagi untuk para pemula.

 

Be the first to comment on "Tips Pilih Usaha Rumahan Waralaba dengan Baik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*