Tips Sukses Bisnis Florist

Di kota besar, peluang sukses bisnis untuk usaha florist lebih besar dibandingkan di desa atau kota besar, hal ini karena di kota besar, pemberian bunga bisa dijadikan simbol kedekatan, tak banya soal asmara, tapi juga tentang relasi dimana orang mengirim bunga ucapan selamat atas peresmian kantor, ucapan selamat ulang tahun, selamat untuk pernikahan, hingga ungkapan duka cita.

Sukses bisnis untuk usaha florist ini tentunya tidaklah bisa datang begitu saja, ada beberapa langkah yang harus dilakukan apabila ingin usaha floristnya lancar.

  1. Berbasis Hobi

Mengawali usaha toko buka, sebaiknya diawali dengan kecintaan kita terhadap bunga sehingga tidak berpusat pada uang atau keuntungan semata. Bisnis florist memang biasanya dilakukan orang yang memiliki hobi terhadap bunga, dan akan menjadi berat apabila diorientasikan pada profit harian serta bulanan.

  1. Pengetahuan yang Mumpuni tentang Dunia Bunga

Sebagai pengusaha florist yang baik, tentunya haruslah paham dan kenal baik tentang beragam bunga yang dijual. Dengan adanya pengetahuan ini, tentunya akan membantu pengusaha florist untuk bisa memadupadankan rangkaian bunga dengan tepat dan tidak asal-asalan. Selai itu, pengusaha florist juga bisa memberikan saran bunga apa yang cocok untuk dibeli dan dikirimkan kepada seseorang pada event tertentu.

  1. Sabar dan Ramah

Sebagai pemilik florist tentunya haruslah sabar dan ramah saat menghadapi pembeli. Bersikaplah selayaknya sahabat namun pelayanan tetap optimal agar pelanggan merasa nyaman. Dikarenakan bisnis ini berbasis pada hobi, maka dibutuhkan juga kesabaran ketika kondisi sulit menimpa florist atau ketika keuntungan yang didapatkan sangat minim. Harap bersabar dan jangan menyerah.

  1. Promosi Lewat Sosial Media

Sosial media saat ini memiliki pengaruh yang kuat khususnya sebagai media promosi. Oleh karena itu, apabila memiliki usaha berupa florist, tak ada salahnya untuk mempromosikannya lewat sosial media. Ada dua media sosial yang cocok untuk berpromosi florist, yaitu instagram dan pinterest. Dua media sosial tersebut memang sangatlah ampuh untuk digunakan sebagai penebar jaring promosi barang atau jasa yang disukai wanita, dikarenakan banyak wanita yang menggunakan dua sosial media ini untuk mengunggah foto. Tak hanya bisa menjadi album foto online, akan tetapi instagram dan Pinterest juga bisa digunakan untuk mengunggah foto hasil rangkaian bunga sehingga foto tersebut bisa dilihat lebih banyak orang sehingga jangkauan pasar promosinya pun menjadi semakin luas. Apabila pelanggan florist selama ini terbatas hanya berasal dari dalam kota karena terbatasnya akses sarana promosi, maka dengan menggunakan instagram bisa menyebarluaskan foto-foto bunga cantik dengan ditambahi beragam hastag yang berkaitan dengan bunga, sehingga akan makin banyak yang akan mencari dan mengetahui.

Itulah beberapa tips sukses bisnis florist atau toko bunga agar bisa mendapatkan omzet yang besar dan keuntungan yang besar pula.

Be the first to comment on "Tips Sukses Bisnis Florist"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*