Tips Sukses Bisnis Kuliner “Bongkar Pasang” yang Menjanjikan

Tips Sukses Bisnis Kuliner “Bongkar Pasang” yang Menjanjikan

Menjadi seorang pengusaha adalah pekerjaan yang diminati oleh individu yang menyukai tantangan. Jenis pekerjaan ini tidak disukai oleh semua kalangan tetapi saat ini banyak orang yang awalnya seorang pegawai beralih profesi menjadi seorang pengusaha atau pebisnis. Saat ini banyak jenis bisnis yang dapat dijalankan khususnya pada sektor bisnis kuliner. Bisnis di bidang ini dianggap cukup menjanjikan dan akan semakin berkembang karena produk yang dijual adalah sebuah kebutuhan utama manusia yakni makanan.

Tips Sukses Bisnis Kuliner “Bongkar Pasang” yang Menjanjikan

Bisnis kuliner yang saat ini sedang marak adalah munculnya budaya street food dengan konsep warung tenda yang mudah dibongkar pasang. Bisnis ini mengalami perkembangan yang cukup pesat khususnya di kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Palembang dan kota-kota lain yang sebagian besar dihuni oleh para mahasiswa atau para pekerja industri. Anda yang akan memulai bisnis semacam ini harus mengetahui kiat sukses dalam membangun bisnis makanan “bongkar pasang” dengan memperhatikan hal-hal berikut, diantaranya:

Buatlah Kesan Pertama yang Menarik

Kesan pertama memang bukan menjadi tolok ukur dalam hasil akhir, namun jika Anda memulai bisnis warung tenda ini harus memberikan kesan pertama yang menarik agar konsumen berminat untuk selalu datang kembali ke warung Anda.

Menu Makanan yang Dijual Disukai Masyarakat

Anda yang akan memulai bisnis ini harus mengetahui keinginan dan kebutuhan masyarakatnya. Pastikan untuk menjual jenis makanan dan minuman sesuai selera masyarakat dan jangan berambisi untuk terus bersaing dengan restoran yang menunya sama. Usahakan untuk lebih berinovasi tetapi menjaga ciri khas makanan yang akan dijual.

Kualitas Makanan Harus Meningkat

Sebagai pebisnis khususnya di bisnis kuliner, Anda harus selalu menjaga bahkan meningkatkan kualitas makanan yang dijual mulai dari bahan, peralatan, tempat hingga kebersihan sekitar. Hal ini perlu dilakukan karena untuk memberikan kenyamanan serta sebagai bentuk menghargai konsumen. Sebagai contoh, jika Anda ingin menjual nasi kebuli, Anda harus mencari tahu resep nasi kebuli yang memungkinkan untuk disukai oleh semua orang dan menjamin kebersihan dari penyajiannya.

Patokan Harga Harus Masuk Akal

Harga yang dipasang untuk setiap menu makanan yang Anda jual harus sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat sekitar. Bisnis kuliner warung tenda ini identik dengan persepsi menu restoran harga kaki lima sehingga seharusnya harga yang dipatok masih dibawah harga restoran.

Perhitungan Untung Rugi Harus Tepat

Anda harus memiliki pembukuan yang tepat dan teliti saat menjalankan bisnis makanan ini agar tidak mudah gulung tikar. Pastikan untuk mengelola keuangan dengan tepat dan bijaksana.

Jumlah Makanan yang Dimasak Harus Tepat

Saat memulai bisnis kuliner, maka Anda harus memastikan untuk memasak masakan Anda mulai dari porsi sedikit hingga ditingkatkan setiap harinya. Jika bisnis Anda sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat dari hari ke hari kemudian stabil, maka pastikan untuk konsisten dalam menyediakan makanan yang Anda jual.

Prioritas Utama adalah Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah prioritas utama bagi setiap pengusaha kuliner meskipun Anda memilih bisnis makanan “bongkar pasang”. Hal ini akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda di masa mendatang karena pelanggan yang merasa puas akan segera memberitahukan pengalaman yang dialami kepada orang-orang sekitarnya.

Be the first to comment on "Tips Sukses Bisnis Kuliner “Bongkar Pasang” yang Menjanjikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*