Tips Sukses Menjadi Blogger

Profesi sebagai blogger saat ini menjadi pekerjaan yang menarik minat banyak orang. Meski kesannya profesi ini tidak sementereng dengan pekerjaan kantoran, akan tetapi jika ditekuni secara serius, seorang blogger bisa memiliki penghasilan hingga puluhan juta bahkan ratusan juta setiap bulannya. Namun, untuk menjadi blogger dengan penghasilan tinggi tidaklah mudah, ada proses yang harus dijalani. Berikut ini adalah tips sukses untuk menjadi seorang blogger yang handal:

  1. Konsisten

Apabila ingin menjadi blogger yang sukses, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah konsisten menulis dan memperbaharui isi blog. Rutin dan konsisten mengunggah tulisan di blog akan menunjukkan bahwa seorang blogger itu memiliki keseriusan di dunia blogging. Jangan sampai membiarkan blog tidak update hingga berbulan-bulan. Jika ingin disebut konsisten, minimal mengunggah tulisan satu kali dalam seminggu.

  1. Kualitas Tulisan

Perhatikan kualitas tulisan, jangan menggunakan bahasa alay. Sebisa mungkin gunakan kalimat baku, kalaupun ingin tulisan lebih santai, maka bisa menulis dengan bahasa gaul akan tetapi harus tetap bisa dipahami pembaca. Sebagai penulis blog, isi tulisan harus original dan tanpa plagiasi. Kalaupun menyertakan data, maka harus menulis sumber dari data tersebut.

  1. Template Blog

Seorang tamu pasti akan betah dan nyaman jika datang ke rumah seseorang yang rapi, indah, dan memiliki dekorasi yang serasi. Begitu juga dengan pengunjung blog, ia pasti akan betah berkunjung dan membaca blog jika blog tersebut memiliki template yang bagus. Tak perlu template yang ramai dengan beraneka ragam warna. Pilih template yang simpel agar tidak berat ketika dibuka serta gunakan warna-warna yang lembut dan sesuai dengan kepribadian pemilik blog.

  1. Perhatikan Niche Blog

Penulis blog profesional biasanya memiliki kecenderungan dalam menulis blog, sehingga ia tahu apa niche blognya. Misalnya isi blog tersebut khusus membahas tentang travelling, parenting, masakan, dan lain sebagainya. Dengan menentukan niche blog, maka blog akan mudah diingat dan menjadi rujukan informasi para pembaca blog.

Baca Juga : Tips Bisnis untuk Pemula

  1. Blog Walking

Apa itu blog walking? Blog walking adalah ‘berjalan-jalan’ ke blog milik orang lain alias berkunjung ke blog lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentarnya. Dengan begitu, maka blogger bisa saling mengenal dan akan semakin banyak blogger lain yang berkunjung ke blog kita.

  1. Kopdar Blogger

Tips sukses menjadi blogger selanjutnya adalah dengan mengikuti kopdar blogger atau pertemuan blogger di dunia nyata. Kopdar blogger ini biasanya diadakan oleh brand yang bekerjasama dengan blogger, atau bisa juga diadakan oleh komunitas blogger di suatu kota. Kopdar ini selain mempererat tali silaturrahmi, juga bisa meningkatkan pengetahuan blogger tentang dunia blog.

Itulah beberapa tips sukses untuk menjadi seorang blogger. Semua pekerjaan, termasuk blogger adalah penting, asal dilakukan secara sungguh-sungguh dan profesional.

Be the first to comment on "Tips Sukses Menjadi Blogger"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*