Usaha Kecil yang dapat Dijalankan di Pedesaan

Sebagian besar masyarakat di Indonesia, lebih beranggapan bahwa kehidupan di kota besar, akan lebih banyak menjanjikan dibanding jika kita menjalani kehidupan di sebuah desa. Tingginya tingkat urbanisasi masyarakat, merupakan hal nyata yang dapat menjadi bukti bahwa ketertarikan hidup di kota besar sudah menjadi domain pikiran masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda bahwa ternyata hidup di pedesaan juga dapat mendatangkan keuntungan yang besar, jika kita mengetahui peluang usaha kecil yang dapat kita jalankan di desa. Tidak hanya dapat menghasilkan keuntungan bisnis kecil yang dijalankan di desa, bahkan mampu membuat para pelakunya memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar yang memang membutuhkan, sehingga mereka mampu menghilangkan angan-angan untuk hidup di kota besar, yang justru lebih menyulitkan.

Bagi Anda yang tinggal didaerah pedesaan, Anda tak perlu khawatir untuk tidak dapat menjalankan bisnis kecil, karena permasalahan modal dan sistem pemasaran yang mungkin akan menjadi kendala. Dengan memanfaatkan teknologi internet, Anda dapat memasarkan komoditi hasil usaha yang Anda jalankan, tidak hanya di wilayah domisili Anda saja, bahkan hingga seluruh pelosok nusantara, Anda akan dapat mengenalkan produk yang Anda miliki. Sedangkan dari sisi permodalan, mungkin Anda dapat memanfaatkan lahan dan berbagai komoditi yang dapat Anda peroleh dengan mudah di desa.

Berikut ini beberapa usaha kecil yang dapat Anda jalankan dari desa tempat tinggal Anda, yang antara lain adalah:

  • Peternakan ayam kampung maupun petelur, dengan memanfaatkan lahan yang ada serta pencarian bibit ayam unggulan yang mudah, Anda dapat menjadikan peluang usaha yang satu ini sebagai lahan mencari keuntungan. Dengan menjalin kemitraan dengan KUD ataupun memasarkannya sendiri secara online, maka dapat dipastikan Anda dapat memperoleh keuntungan yang besar dari penjualan daging ayam, telur ayam, bahkan bulu dan kotoran ayam.
  • Kuliner khas masakan desa, Anda dapat memanfaatkan masakan yang menjadi ciri khas dari daerah Anda dan memasarkannya melalui sistem online, sehingga banyak dikenal oleh masyarakat luas. Yang perlu diperhatikan dalam usaha ini adalah sistem pengemasan makanan yang aman, serta keawetan dari makanan yang diproduksi.

    Baca Juga: Inilah Beberapa Tantangan yang Kerap Dihadapi Usaha Kecil

Selain peluang usaha seperti tersebut diatas, Anda juga dapat memanfaatkan panorama alam dari tempat domisili Anda untuk Anda perkenalkan pada masyarakat luas. Dengan menambahkan beberapa daya tarik seperti kolam pemancingan ataupun taman bermain serta berfoto, maka ketertarikan masyarakat luas untuk mengunjungi desa Anda akan menjadi lebih tinggi, sehingga penduduk desa pun dapat membuka berbagai usaha karena tingginya kunjungan tersebut.

Dalam menjalankan usaha kecil di pedesaan ini, memang kita tidak dapat bergerak sendirian. Kerjasama dari masyarakat sekitar memang diperlukan, agar nantinya berbagai produk yang kita hasilkan dapat dikenal lebih cepat oleh masyarakat luas. Sistem promosi baik secara online maupun tular-menular akan menjadikan usaha yang Anda jalankan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

 

Be the first to comment on "Usaha Kecil yang dapat Dijalankan di Pedesaan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*