Usaha Rumahan Jual Makanan Masih Jadi Bisnis Terpopular

Seperti yang kita ketahui, dari dulu hingga sekarang menjalankan usaha rumahan jualan makanan bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Bahkan ada istilah di masyarakat jika menjalankan bisnis ini tidak akan rugi karena semua orang butuh makan untuk memenuhi kebutuhan energi setiap harinya.

Ada banyak jenis makanan yang bisa dimasukkan ke dalam daftar menu. Pilihannya bisa disesuaikan dengan selera dan modal yang Anda miliki. Jika modal yang Anda miliki terbatas, bisa dijalankan di depan rumah. Walaupun dijalankan di depan rumah, bisnis ini harus dijalankan dengan serius agar bisa dikembangkan menjadi lebih besar. Berikut ini tips sukses jualan makanan yang bisa Anda coba ikuti.

Tentukan Nama Rumah Makan

Langkah pertama menjalankan usaha rumahan berjualan makanan adalah membuat nama rumah makan atau tempat jika makanan yang Anda jual jenis makanan berat. Jika yang dijual jenis makanan ringan bisa buat merk atau brand makanan yang dijual. Buat nama yang unik namun mudah diingat. Gunakan logo atau slogan yang nantinya menjadi ciri khas makanan yang Anda jual.

Buat Menu Andalan

Jika menu makanan yang dijual lebih dari satu, lemparkan satu jenis makanan yang menjadi menu andalannya. Misalnya dimasukkan ke dalam teks baligho untuk di depan di tempat jualan “Tempe Mendoan Bang Tarmin” atau “Soto Adil Beradab”. Anda bisa mengolah nama dengan teks yang unik.

Gunakan Media Promosi Yang Tepat

Walaupun menjalankan bisnis di halaman rumah tetap harus mempromosikan bisnis Anda ke lingkungan di sekitar rumah Anda. Dengan adanya internet, kegiatan promosi bisa dilakukan dengan mudah dan tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar. Salah satu cara yang tepat dan efektif menggunakan media promosi di internet adalah memanfaatkan akun media sosial.

Jika promosi dengan media sosial Anda pilih, pelajari caranya. Perlu diketahui ada banyak media sosial yang ada, seperti twitter, facebook, instagram, line, path dsb, setiap medsos tersebut memiliki aturan dan cara yang berbeda-beda.

Menjaga Kepercayaan Konsumen

Kunci keberhasilan menjalankan usaha jual makanan adalah menjaga kualitas rasa makanan. Jangan sampai makanan yang dijual rasanya tidak enak. Selain itu perhatikan kebersihan dan bahan-bahan makanan yang digunakan. Berikan pelayanan yang terbaik, jika konsumen merasa puas tidak menutup kemungkinan mereka kembali membeli makanan atau bisa jadi mereka mempromosikan rumah makan Anda ke teman-temannya atau saudara-saudaranya dari mulut ke mulut.

Jika Anda dapat menjaga reputasi bisnis yang Anda jalani, maka kemungkinan besar usaha rumahan yang Anda jalani dapat bertahan lama dan semakin berkembang. Dengan demikian para konsumen akan mempercayai rumah makan dan makanan yang Anda jual untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Be the first to comment on "Usaha Rumahan Jual Makanan Masih Jadi Bisnis Terpopular"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*