Cara Menjaga dan Meningkatkan Kepercayaan Online Shop Indonesia

Menjaga dan Meningkatkan Kepercayaan Online Shop Indonesia

Toko online atau online shop merupakan salah satu bentuk bisnis yang dilakukan di dunia maya dengan menggunakan internet. Cara tersebut saat ini banyak dilakukan bukan hanya karena kecanggihan teknologi namun juga karena kebutuhan masyarakat yang semakin lama semakin banyak. Dengan berbelanja di online shop Indonesia, konsumen dapat menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu untuk pergi dari satu toko ke toko yang lainnya untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Akan tetapi, salah satu kekurangannya adalah toko online rawan terhadap hacking dan penipuan.

Menjaga dan Meningkatkan Kepercayaan Online Shop Indonesia

Menjaga dan Meningkatkan Kepercayaan Online Shop Indonesia

Untuk mengatasi masalah hacking, Anda dapat meningkatkan keamanan toko online Anda namun meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda sehingga isu penipuan yang mungkin akan menyerang toko online Anda, Anda dapat melakukan beberapa cara. Pertama, tingkatkan pelayanan Anda mulai dari bagian customer service. Sebisa mungkin, permudah konsumen Anda untuk dapat menghubungi toko online Anda. Dengan cara ini, konsumen akan berfikir jika toko online Anda bukanlah toko online palsu dan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen sehingga kepercayaan akan terbangun dan terjaga.

Agar pelayanan di bagian customer service yang berhubungan langsung dengan konsumen tersebut dapat berjalan lancar, sebaiknya Anda menempatkan orang yang mengetahui dengan baik dan benar untuk bagian CS. Sediakan informasi yang kira-kira banyak ditanyakan oleh pelanggan misalnya untuk pengiriman, jenis barang atau produk yang dapat dipesan hingga cara untuk melakukan pengembalian jika barang yang diterima berbeda dari yang dibeli atau terjadi kerusakan. Usahakan agar bagian CS dari online shop Indonesia juga memberikan jawaban yang dimengerti oleh konsumen tersebut.

Kedua adalah dengan mencantumkan testimoni yang ditinggalkan oleh pelanggan Anda sebelumnya. Biasanya, calon konsumen yang hendak melakukan belanja online akan melihat terlebih dahulu testimonial yang ditinggalkan di toko online, terutama untuk toko online baru. Cara tersebut dilakukan untuk menghindari penipuan dan agar konsumen tidak kecewa ketika berbelanja di toko online Anda.

Cara lainnya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen ke online shop Indonesia yaitu dengan:

  • Memberikan fasilitas kepada konsumen untuk dapat mengembalikan barang yang dibeli dengan ketentuan tertentu. Jika Anda menjual multiproduct dan lebih dari 3 macam barang, maka Anda harus mempersiapkan diri untuk menerima pengembalian barang. Hal tersebut dapat dikarenakan barang yang dibeli rusak, tidak sesuai keinginan atau karena alasan tertentu. Akan tetapi, Anda harus menetapkan ketentuan tersendiri sehingga tidak hanya menguntungkan konsumen namun juga tidak merugikan Anda sebagai pihak penjual.
  • Selalu up to date terutama jika toko online Anda bergerak di bidang fashion karena bidang ini memiliki perubahan trend yang sangat cepat.
  • Melakukan survey sehingga Anda dapat merubah toko online Anda, menambah atau mengurangi barang, sesuai dengan permintaan pasar.

Be the first to comment on "Cara Menjaga dan Meningkatkan Kepercayaan Online Shop Indonesia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*