Ragam Cara Pembayaran Saat Belanja Online

Era serba cepat saat ini membuat banyak orang ingin melakukan segalanya dengan cara yang instan dan tidak membuang banyak waktu. Terlebih lagi didukung kemajuan digital dengan adanya internet dan media sosial. Salah satunya adalah melakukan kegiatan belanja lewat internet atau lebih dikenal dengan belanja online.

Peminat atau pelaku belanja online memang sangat meningkat belakangan ini, tak hanya kaum perempuan, namun juga kaum lelaki banyak pula yang berbelanja lewat internet. Hampir setiap orang memiliki ponsel dengan fasilitas internet. Hal ini tentu saja mempermudah siapapun untuk mendapatkan barang yang ia inginkan.

Apalagi saat ini banyak situs belanja yang mempermudah konsumen, dimana menyediakan fasilitas yang membuat konsumen seperti di pusat perbelanjaan. Konsumen bisa bebas memilih serta membeli beragam produk, seperti fashion, gadget, kebutuhan hobi, otomotif, buku, perlengkapan rumah tangga, dan aneka ragam produk lainnya.

Zaman berteknologi memang memanjakan para penggunanya. Untuk berbelanja pun saat ini cukup dilakukan di rumah, cukup dengan gadget di genggaman. Tidak perlu berpanas-panas pergi ke Mall, tidak perlu capek mengitari satu per satu toko dan gerai untuk memilih produk yang tepat. Bahkan, jika di hari-hari spesial konsumen bisa mendapatkan diskon hingga 90%. Ini tentunya sangat menguntungkan.

Keuntungan lain dari belanja via internet selain mudah dalam pembelian, juga mudah dalam pembayaran. Ada beragam cara pembayaran yang bisa dipilih oleh konsumen, beberapa di antaranya sebagai berikut:

  1. Transfer pada Penjual

Cara pembayaran pertama yang bisa dilakukan adalah dengan transfer langsung pada penjualnya. Cara pembayaran ini paling banyak dilakukan oleh para pelaku atau konsumen belanja via internet, barang baru akan dikirim ketika konsumen sudah melakukan transfer. Meski mudah, namun konsumen harus berhati-hati dengan sistem pembayaran seperti ini, dikarenakan tak sedikit oknum pedagang online yang melakukan penipuan. Ketika sudah ditransfer, oknum pedagang online itu justru tidak mengirim barang yang dijanjikan. Oleh karena itu, konsumen harus berhati-hati. Pilih pedagang online yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang bagus.

Baca Juga: Kiat-kiat Cerdas Belanja Online

  1. Transfer ke Rekening Bersama

Cara pembayaran kedua adalah transfer ke rekening bersama. Meningkatnya tren belanja lewat internet ternyata juga membuat peningkatan penipuan pada konsumen shopping online. Oleh karena itu, untuk menghindari adanya penipuan, situs-situs belanja menerapkan sistem pembayaran melalui rekening bersama. Konsumen mengirim uang ke rekening bersama, kemudian penjual online yang memiliki toko virtual di situs tersebut akan mengirim barang. Jika konsumen sudah melakukan konfirmasi penerimaan produk yang dibeli, maka uang baru akan dikirim ke penjual online. Apabila barang tidak dikirim sampai batas waktu, maka uang pun bisa kembali ke konsumen.

  1. COD

Cara pembayaran yang ketiga adalah dengan sistem COD (Cash On Demand), yang mana pembayaran dilakukan jika barang sudah sampai pada pembeli. Hal ini sering digunakan pembeli untuk menghindari penipuan dan agar bisa melihat barang secara langsung.

Itulah tiga cara pembayaran saat belanja online yang biasa dilakukan oleh konsumen ketika berbelanja. Konsumen bebas memilih ingin menggunakan cara pembayaran yang mana, namun yang pasti konsumen tetap harus berhati-hati.

Be the first to comment on "Ragam Cara Pembayaran Saat Belanja Online"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*