Jenis-Jenis Alat Musik Petik Modern yang Perlu Kamu Tahu

Jika disuruh menyebutkan jenis alat musik petik modern, mungkin nama ukulele terlintas di pikiranmu. Berbeda pada gitar lain pada umumnya, senar ukulele hanya terdiri dari empat buah dengan ukuran gitar yang terbilang mini, sehingga cukup mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Selain ukulele, masih ada sederet alat musik petik modern yang mungkin menarik minatmu untuk memilikinya. Di antaranya ada gitar akustik, gitar elektrik, dan gitar bass. Untuk mengetahui sekilas tentang jenis alat musik ini, langsung aja simak infonya di bawah ini, yuk!

1. Gitar Akustik

Alat Musik Petik Modern - Gitar Akustik

Bersenandung dengan diiringi petikan gitar mungkin bisa menjadi pelepas penat bagi sebagian orang. Gitar akustik pun sering menjadi pilihan instrumen yang umum digunakan oleh orang-orang, baik yang masih amatir, hanya sekadar untuk bersenang-senang, sampai yang sudah profesional sekalipun.

Umumnya, alat musik ini memiliki enam senar. Berbeda dengan gitar elektrik, gitar akustik memiliki lubang resonansi pada bagian tengahnya. Sehingga tanpa aliran listrik pun, gitar ini tetap bisa mengeluarkan suara yang nyaring. Untuk jenis gitar akustik modern sendiri setidaknya ada tiga macam, yaitu gitar akustik senar nilon, senar baja, dan archtop.

Jika menilik sejarahnya, kata gitar atau yang dalam bahasa Inggris disebut dengan guitar berawal dari sebuah alat musik asal Persia, yaitu citar atau sehtar. Di sekitar tahun 300 SM, alat musik petik ini kemudian dikembangkan oleh bangsa Yunani dan bangsa Romawi pada enam abad kemudian. Setelah itu, tepatnya pada tahun 476M, bangsa Romawi membawa gitar ke Spanyol. Di Spanyol, gitar bertransformasi menjadi guitarra Morisca (pembawa melodi) dan guitarra Latina (sebagai akor).

Tak hanya itu saja, Negeri Matador ini juga dikenal alat musik vihuela yang terus menerus berkembang menjadi beragam gitar selama berabad-abad dan pada akhirnya menjadi bermacam-macam gitar seperti yang sering kita lihat saat ini.

2. Gitar Elektrik

Alat Musik Petik Modern - Gitar Elektrik

Sesuai dengan namanya, alat musik petik satu ini hanya berfungsi dengan mengandalkan daya lisrik. Gitar ini dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan suara yang kuat daripada gitar akustik. Maka dari itu, jenis satu inilah yang menjadi indrumen wajib bagi sebagian besar grup band.

Komponen utama dari alat musik ini adalah pick up elektromagnetik. Komponen ini bertugas untuk menangkap dan mengubah getaran senar ke dalam bentuk sinyal yang selanjutnya diteruskan ke pengeras suara lewat media kabel atau gelombang radio.

Suara yang dihasilkan juga bisa dimanipulasi sedemikian rupa sesuai kebutuhan dengan menggunakan peralatan elektronik tambahan atau distorsi alami dari tabung vakum yang terdapat di dalam pengeras suara. Terdapat dua jenis pick up magnetik, yaitu kumparan tunggal (single coil) dan kumparan ganda (double coil atau humbucker).

3. Gitar Bass

Alat Musik Petik Modern - Bass

Hampir sama seperti dua gitar di atas, gitar bass juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu bass akustik dan bass elektrik. Bentuknya memang mirip dengan gitar pada umunya, hanya saja bass memiliki body yang lebih besar dan leher yang lebih panjang. Jumlah senarnya pun hanya ada empat saja. Untuk bobotnya juga lebih berat daripada gitar biasa, di mana salah satu faktornya adalah karena ketebalan senarnya lebih besar dari senar gitar biasanya. Dengan begitu, kayu yang dipakai pun harus lebih padat dan keras untuk menyeimbangkan tekanan pada leher bass (neck).

Sebenarnya, bass memiliki banyak jenis. Namun, yang sering kita jumpai adalah jenis yang dipakai untuk pertunjukkan opera  yaitu contra dan cello bass, bass listrik yang sering kita dapati di dalam sebuah pertunjukkan band, serta bass fretless.

4. Gitar Ukulele

Alat Musik Petik Modern - Ukulele

Nah, buat kamu yang suka bermusik dan bepergian, kamu wajib banget nih punya ukulele. Dengan ukuran yang kecil, membuatnya mudah dibawa ke mana saja. Meskipun berukuran lebih kecil, suara yang dihasilkan tak kalah bagus dengan gitar akustik, terlebih jika didukung dengan senar ukulele yang bagus.

Sebagai orang Indonesia, harusnya kamu udah nggak asing sama alat musik satu ini karena sering banget digunakan sebagai salah satu instrumen dalam musik keroncong. Masuknya ukulele ke Indonesia awalnya diperkenalkan oleh komunitas budak Portugis dari Ambon yang tinggal di Kampung Tugu, Jakarta Utara.

Be the first to comment on "Jenis-Jenis Alat Musik Petik Modern yang Perlu Kamu Tahu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*