Tips Sukses Menjadi Penulis

Penulis merupakan profesi yang bagi kebanyakan orang mungkin terkesan kurang menjanjikan. Ketidakpastian penghasilan dan order tulisan yang tidak menentu menjadi alasan mengapa penulis bukanlah profesi yang diidam-idamkan. Namun, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa menjadi penulis merupakan profesi yang sangat prestisius. Menjadi penulis dapat memberikan kesan intelektualitas seseorang di mata orang lain, sebab menulis bukanlah pekerjaan yang mudah. Seorang penulis harus memiliki pemikiran yang luas dan skil yang mumpuni. Berikut ini akan dibahas mengenai tips sukses menjadi penulis.

Modal utama yang harus dimiliki seseorang agar menjadi penulis sukses adalah banyak membaca. Bagi penulis, membaca merupakan pondasi yang sangat penting. Seorang penulis yang tidak memiliki kegemaran membaca maka pengetahuannya tidak akan luas, sehingga tulisan-tulisannya hanya akan berkutat pada tema atau topik yang itu-itu saja. Membaca sangat penting bagi penulis agar mendapatkan inspirasi dari buku-buku yang dibacanya. Banyak membaca juga akan membuka wawasan mengenai gaya menulis dan cara penyampaian dari berbagai penulis yang sudah sukses.

Selain membaca, seorang penulis juga harus berlatih secara terus-menerus. Menulis merupakan skil yang bisa dipelajari, sebagaimana seorang pemahat. Bakat bukanlah faktor utama agar seseorang dapat menulis dengan baik. Faktor utama bagi penulis adalah latihan. Seorang yang berbakat di bidang menulis akan kehilangan bakatnya jika malas berlatih, sebaliknya orang yang tidak terlalu berbakat dalam menulis akan tetap bisa menghasilkan tulisan yang bagus jika ia terus berlatih. Sebagaimana layaknya seorang pembelajar, latihan menulis selama satu hingga tiga jam setiap harinya akan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Baca Juga:Bisnis Unik Bermodal Tulisan Tangan Indah

Salah satu latihan menulis yang bisa dicoba misalnya, menulis narasi tentang apa yang sedang dilihat di sekitarnya, hal ini akan sangat berguna dalam membangun setting dalam tulisan. Bagi seorang penulis, latihan merupakan rutinitas yang tidak mengenal waktu. seorang penulis yang sudah senior dan terkenal sekalipun masih akan terus melatih dirinya. Latihan merupakan salah satu upaya untuk mengasah kekuatan kata-kata yang kita tulis.

Selain banyak membaca dan sering berlatih, tips sukses lainnya yang harus diperhatikan oleh seorang penulis adalah jangan terlalu cepat puas. Seandainya kita berhasil membuat sebuah tulisan yang bagi kita sudah bagus, maka ada baiknya kita menyimpan tulisan yang kita anggap sudah bagus tersebut selama setidaknya satu bulan. Setelah satu bulan, bacalah lagi tulisan tersebut, maka akan terlihat beberapa kekurangan dari tulisan tersebut. Untuk itu, ketika kita sudah selesai merampungkan suatu tulisan, jangan terlalu cepat puas. Biarkan diri kita terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Itulah beberapa tips sukses menjadi penulis. Kesuksesan bagi penulis bukan hanya berarti karyanya laris sehingga memperoleh royalti yang besar. Kesuksesan bagi seorang penulis adalah ketika tulisannya mampu menginspirasi orang lain atau ketika karya-karyanya dapat bermanfaat bagi orang banyak dan mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Be the first to comment on "Tips Sukses Menjadi Penulis"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*