4 Tips Memilih Lipstick yang Baik Bagi Kesehatan

4 Tips Memilih Lipstick yang Baik Bagi Kesehatan

Beberapa wanita lebih mementingkan penampilan tanpa memikirkan dampaknya bagi kesehatan saat memilih kosmetik termasuk lipstick. Tapi Anda tidak perlu resah. Kini, Anda bisa melindungi kesehatan diri dengan memilih produk yang aman meskipun digunakan setiap hari. jadi, simak tipsnya berikut.

4 Tips Memilih Lipstick yang Baik Bagi Kesehatan

Waspada Kandungan Zat Kimia Dalam Lipstik

Campaign for Safe Cosmetics mengadakan tes kandungan berbahaya terhadap 33 produk lipstick berbeda pada tahun 2007. Hasilnya, 61% terdeteksi mengandung timah dengan variasi kadar antara 0.03 ppm hingga 0.65 ppm. Perlu diketahui bahwa satu kali pemakaian pemerah bibir tersebut berpotensi menyebarkan 10 miligram produk pada bibir yang sebagian besarnya akan tertelan. Hal tersebut menunjukkan bahwa hanya dengan memakai produk tersebut umumnya beberapa wanita telah melampaui batas normal konsumsi aluminum, cadmium, chromium dan mangan hingga 100%.

Kandungan Tidak Sehat Dalam Lipstik yang Harus Anda Hindari

Pelembab dengan bahan dasar petroleum, seperti minyak tanah. Pewangi buatan, yang biasanya tertera sebagai “aroma”, “aroma natural”, atau “parfum” di bagian komposisinya. Lipstick yang terbentuk dari bahan dasar petroleum dan lilin buatan termasuk paraffin dan ozokerite.

Pengawet sintetis seperti formaldehyde, BHT dan parabens dan Pewarna buatan. Umumnya pewarna tersebut di Amerika Serikat tertera pada label dengan kode FC&C atau D&C, atau juga dengan nama warna yang diikuti angka seperti: D&C Merah 21 atau Merah 21. Anda juga harus menghindari kandungan mineral yang telah di-“mikronisasi” sehingga menjadi partikel nano.

Mencari Bahan Dasar Alami

Pelembap yang terbuat dari tanaman, seperti shea butter, cokelat, minyak alpukat, dan lidah buaya. Pilih Minyak nabati sehat seperti minyak castor, minyak chamomile, minyak jojoba, minyak zaitun, dan minyak bunga matahari. Bahan candelilla, carnauba, atau beeswax dapat menjadi pilihan pada lilin alami.

Aroma atau perasa ekstrak vanila dan peppermint. Pengawet vitamin E, minyak daun teh, minyak neem, dan kayu manis. Pastikan bahan pewarna bibir natural hasil dari ekstrak buah-buahan, sayuran dan bahan nabati lainnya, seperti kunyit, bit, wortel ungu, buah beri, pomegranate dan calendula. Pewarna mineral yang tergolong aman diantaranya Titanium dioksida, oksida besi dan mika. Teliti label dengan mencari kata “non-nanopartikel” atau “tidak dimikronisasi menjadi partikel nano”.

Tips Saat Memilih Lipstik

Sudah sepatutnya Anda harus mencegah paparan berlebihan dari produk lipstick untuk melindungi diri. Jika sebelumnya dalam sehari Anda mengaplikasikan lipstik hingga 14 kali sebaiknya kurangi pemakaian atau cari alternatif lain. Misalnya memilih produk bahan dasar beeswax dan minyak tumbuhan seperti yang disebutkan diatas. Bagi Anda yang ingin menghindari bahan dasar hewani maka pada label kemasannya  carilah kata “vegan”, cruelty-free” atau “no animal testing”. Perlu digaris bawahi bahwa kata organik yang tertera pada label masih berpotensi mengandung bahan sintetis di dalamnya, kecuali jika labelnya berbunyi 100% organik.

 

Be the first to comment on "4 Tips Memilih Lipstick yang Baik Bagi Kesehatan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*