9 Cara Alami Agar Ketiak Bersih dan Bebas dari Warna Hitam

9 Cara Alami Agar Ketiak Bersih dan Bebas dari Warna Hitam

Ketiak merupakan salah satu bagian kulit yang rawan berubah warna menjadi hitam. Mulai dari pemakaian deodoran yang salah hingga teknik mencukur yang salah bisa menjadi penyebabnya. Sehingga banyak yang mencari tahu bagaimana cara mencerahkan kulit ketiak dan mengembalikannya ke warna yang asli. Pada dasarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan, namun menggunakan bahan-bahan alami tetap yang paling aman. Tak hanya mudah didapatkan, setelah digunakan bahan alami juga tidak mempunyai efek samping. Berikut disajikan informasi berbagai bahan alami untuk mendapatkan ketiak bersih dan cerah.

9 Cara Alami Agar Ketiak Bersih dan Bebas dari Warna Hitam

Baking soda

Baking soda merupakan pemutih alami yang lebih lembut dan tidak meninggalkan efek samping. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air menjadi adonan kental untuk menggunakannya pada ketiak. Oleskan pada ketiak lalu diamkan hingga mengering barulah bilas dengan air hangat.

Cuka

Selain mencerahkan Cuka juga mampu menghilangkan bau pada ketiak. Cukup dengan menggosok cuka pada ketiak dan diamkan selama 10 menit. Hasil yang lebih baik bisa Anda peroleh dengan mencampurkan cuka dengan tepung beras secukupnya. Hal ini juga mampu membunuh bakteri dan kuman yang disebabkan oleh keringat.

Apel

Noda hitam dan bau bisa dihilangkan dengan Menggosok ketiak menggunakan apel. Kuman dan bakteri penyebab hitamnya ketiak akan dibunuh keasaman dan AHA yang terkandung dalam Apel. Tak hanya itu karena Apel juga baik untuk pengelupasan kulit.

Lemon

Lemon merupakan pemutih alami yang mampu mencerahkan seluruh bagian kulit termasuk ketiak. Selain itu lemon juga berfungsi sebagai bahan antiseptik dan mampu menghilangkan bau pada ketiak. Namun, sebaiknya lemon tidak digosokkan secara langsung pada ketiak, sebab asam sitrat yang dikandung lemon terlalu keras dan menyebabkan kulit kering. Disarankan untuk mencampur bubuk kunyit, yogurt tanpa rasa (plain), madu, dan jus lemon, kemudian diamkan 10 menit, lalu bilas. Lakukan selama 3 kali seminggu.

Kulit jeruk

Ketiak bersih bisa diperoleh drai Asam sitrat pada kulit jeruk. Caranya yakni keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama 3-4 hari atau hingga kulit jeruk mengering. Giling sampai berupa serbuk lalu simpanlah di tempat yang tertutup rapat. Ambil dua sendok teh serbuk kulit jeruk campurkan dengan air mawar. Oleskan pada ketiak dan biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Kentang

Kentang juga termasuk pemutih alami yang tidak membuat kulit kering dan tidak menyebabkan iritasi. Caranya cukup mudah dimana Potongan kentang bisa langsung Anda gosokkan pada ketiak atau terlebih dalu memblendernya baru mengoleskannya ke ketiak.

Mentimun

Noda hitam pada ketiak juga bisa dihilangkan menggunakan mentimun. Anda bisa langsung menggosokkan potongan mentimun pada ketiak. Tak hanya membuat ketiak bersih, mentimun juga akan melembapkan kulit. Cara ini juga bisa Anda lakukan bersamaan dengan jus lemon atau madu.

Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang efektif untuk memulihkan kulit iritasi, menyamarkan noda dan pigmentasi. Caranya dengan mengambil kunyit serut atau bubuk lalu mencampurnya dengan dua sendok makan lotion dan oleskan ke ketiak secara merata. Selain itu, kunyit juga bisa Anda campur dengan jus tomat, dan susu, diamkan selama 30-60 menit lalu bilas dengan air hangat.

Susu

Susu mampu mencerahkan kulit sebab mengandung asam lemak dan vitamin. Anda bisa mengoleskan susu langsung pada ketiak. Alternatif lainnya yakni dengan mencampur 1 sendok makan susu, 1 sendok makan tepung, dan 1 sendok makan plain yogurt baru dioleskan pada ketiak. Kemudian tunggu dengan mendiamkannya selama 15 menit, barulah bersihkan dengan membilasnya menggunakan  air dingin.

Be the first to comment on "9 Cara Alami Agar Ketiak Bersih dan Bebas dari Warna Hitam"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*